PENGARUH INTENSITAS MENONTON VIDEO YOUTUBE KATA USTADZ TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SUBSCRIBER DI KALANGAN MAHASISWA MUSLIM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Noorfathonah Khoirot Sjahid, NIM.: 19102010050 (2023) PENGARUH INTENSITAS MENONTON VIDEO YOUTUBE KATA USTADZ TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SUBSCRIBER DI KALANGAN MAHASISWA MUSLIM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTENSITAS MENONTON VIDEO YOUTUBE KATA USTADZ TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SUBSCRIBER DI KALANGAN MAHASISWA MUSLIM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
19102010050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTENSITAS MENONTON VIDEO YOUTUBE KATA USTADZ TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SUBSCRIBER DI KALANGAN MAHASISWA MUSLIM DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
19102010050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman melaju dengan pesat dan cepat hingga melahirkan teknologi komunikasi dan informasi baru yang modern. Modernisasi teknologi ini memudahkan manusia dalam mengakses informasi dan berkomunikasi tanpa mengenal batas ruang dan waktu, sehingga banyak berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Media sosisal merupakan salah satu media yang tercipta dari kemajuan teknologi komunikasi dan berperan penting di zaman digital seperti sekarangsekarang. Namun ternyata media sosial juga memiliki dampak yang dapat mempengaruhi perilaku manusia terlebih pada segi keagamaannya, baik pengaruh positif atau negatif negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh, seberapa besar pengaruh tersebut dan bagaimana arah pengaruh yang ditimbulkan dari intensitas menonton video di media sosial YouTube kanal Kata Ustadz terhadap perilaku keagamaa n subcribers di kalangan mahasiswa muslim Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini didasarkan pada teori S-O-R (Stimulus Organism Response) yang dikembangkan oleh Houland yang bersasumsi bahwa adanya penyebab yang memungkinkan terjadinya perubahan perilaku bergantung pada kualitas stimulus terhadap organisme yang kemudian memberikan efek berupa respon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner daring kepada 100 responden yang merupakan subscriber YouTube Kata Ustadz Ustadz, beragama Islam dan berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel ditentukan melalui rumus Cochran berdasarkan teknik quota sampling . Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui uji regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS 27 for Mac Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang ditimbulkan dari intensitas menonton vide o YouTube kanal Kata Ustadz terhadap perilaku keagamaan subscribers sebesar 6,7% dengan arah pengaruh positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Saptoni, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: intensity of watching; YouTube Kata Ustadz; religious behaviour; muslim students
Subjects: Penyiaran Islam
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jan 2024 11:26
Last Modified: 10 Jan 2024 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62835

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum