ANALISIS PESAN SEDEKAH PADA AKUN INSTAGRAM @masjidjogokariyan

Putut Al Amin, NIM.: 19102010051 (2023) ANALISIS PESAN SEDEKAH PADA AKUN INSTAGRAM @masjidjogokariyan. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PESAN SEDEKAH PADA AKUN INSTAGRAM @masjidjogokariyan)
19102010051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PESAN SEDEKAH PADA AKUN INSTAGRAM @masjidjogokariyan)
19102010051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sedekah memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Namun umat Islam sering berasumsi sedekah sebagai sesuatu yang biasa-biasa saja. Banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari sedekah, mendorong beberapa ustad, ulama, dan lembaga sedekah untuk menyampaikan pesan dakwah tentang bersedekah. Saat ini, media yang dimanfaatkan oleh khalayak banyak untuk berdakwah adalah media sosial Instagram. Instagram @masjidjogokariyan merupakan akun dakwah di Instagram yang aktif menyampaikan pesan sedekah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemasan pesan sedekah yang disampaikan melalui akun Instagram @masjidjogokariyan serta respon followers terhadap pesan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teori Stimulus-Organism-Respon Hovland. Teknik pengumpulan data melakukan studi pustaka dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis data model Roland Barthes. Data yang digunakan adalah postingan video yang terkait dengan tema sedekah pada akun Instagram @masjidjogokariyan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemasan pesan sedekah masjid Jogokaryan terklasifikasi menjadi 5 kategori berbeda yaitu: menggunakan bahasa yang santai,terdapat interaksi dengan followers, menggunakan audio visual yang sedang tren atau viral,menggunakan hastag untuk memudahkan pencarian konten yang serupa, dan menggunakan video durasi pendek yaitu kurang dari dua menit. Respon followers terhadap pesan dakwah masjid Jogokaryan dapat dibedakan menjadi 3, yaitu: Menerima pesan, diluar konteks, dan random. Karena terdapat respon diluar konteks dan respon random, maka respon followers Instagram @masjidjogokariyan bertolak belakang dengan teori Hovland.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Diak Udin, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: pesan dakwah; sedekah; Instagram; media dakwah
Subjects: Penyiaran Islam
Dakwah > Media Dakwah
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Jan 2024 11:37
Last Modified: 10 Jan 2024 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62836

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum