UPAYA GURU ISMUBA (FIQIH) DALAM MEMPERBAIKI KARAKTER SISWA SECARA DARING DI SMK MUHAMMADIYAH KRETEK, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

Siti Maisaroh, NIM.: 17104010131 (2023) UPAYA GURU ISMUBA (FIQIH) DALAM MEMPERBAIKI KARAKTER SISWA SECARA DARING DI SMK MUHAMMADIYAH KRETEK, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU ISMUBA (FIQIH) DALAM MEMPERBAIKI KARAKTER SISWA SECARA DARING DI SMK MUHAMMADIYAH KRETEK, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
17104010131_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU ISMUBA (FIQIH) DALAM MEMPERBAIKI KARAKTER SISWA SECARA DARING DI SMK MUHAMMADIYAH KRETEK, BANTUL, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
17104010131_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pada saat pandemi Covid-19 dengan melihat keseharian beberapa siswa yang bukan merupakan siswa dari SMK Muhammadiyah yang kurang memiliki kesopanan kepada orang tua dan guru, khususnya ketidakjujuran siswa dalam mengerjakan tugas sekolahnya. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian di sekolah tersebut terkait upaya guru untuk menanamkan nilai-nilai karakter positif kepada siswa agar memiliki rasa religius, jujur, disiplin, dan tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh guru secara daring. Penelitian ini memiliki dua tujuan, yakni mendiskripsikan problematika guru ISMUBA (Fiqih) dalam pembelajaran daring dan upaya guru untuk meningkatkan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Fiqih, siswa, dan kepala sekolah di SMK Muhammadiyah Kretek. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara, validasi data menggunakan triangulasi data. Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu : 1) Problematika yang dihadapi guru ISMUBA (Fiqih) dalam pembelajaran daring adalah geografis yang membuat terkendala sinyal, ketidakmampuan penguasaan smartphone dan laptop, serta ekonomi sebagian siswa yang berada di kalangan menengah ke bawah sehingga kesulitan membeli fasilitas pendukung. 2) Upaya guru ISMUBA (Fiqih) dalam memperbaiki karakter siswa yaitu dengan memanfaatkan teknologi, menggunakan metode dengan menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreatifitas dan mengembangkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Problematika, Ismuba, Fiqih, Daring, Karakter Peserta Didik.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:54
Last Modified: 11 Jan 2024 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62870

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum