PENERAPAN KURIKULUM DARURAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BUKU AJAR AL-‘ARABIYAH BAINA YADAIK JILID I SMAIT ABU BAKAR YOGYAKARTA

Hajar Durratun Nasihah, NIM.: 17104020076 (2023) PENERAPAN KURIKULUM DARURAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BUKU AJAR AL-‘ARABIYAH BAINA YADAIK JILID I SMAIT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KURIKULUM DARURAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BUKU AJAR AL-‘ARABIYAH BAINA YADAIK JILID I SMAIT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
17104020076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KURIKULUM DARURAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BUKU AJAR AL-‘ARABIYAH BAINA YADAIK JILID I SMAIT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
17104020076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peneilitian ini dilatar belakangi oleh ketetapan pemerintah terhadap kegiatan belajar mengajar selama masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum yang digunakan pendidik di saat pandemi COVID 19 berlangsung yang sesuai dengan ketetapan pemerintah menggunakan kitab Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik sebagai buku ajar dalam menyampaikan materi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data penelitian ini, peneliti melakukan wawancara dengan wakil kepala sekolah dan pendidik mata pelajaran bahasa arab serta sebagai penguat data didapatkan melalui dokumentasi dan observasi lapangan. Data yang diperoleh berbentuk analisis deskriptif untuk menjelaskan bagaimana penerapan kurikulum darurat mata pelajaran bahasa arab dengan buku ajar Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik Jilid I SMAIT Abu Bakar Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) penerapan kurikulum darurat di SMAIT Abu Bakar Yogyakarta untuk tetap berusaha tidak mengurangi materi namun memadatkan materi. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan moodle dan WhatsApp di semester gasal. Memasuki semester genap sekolah menetapkan pembelajaran daring dan luring sehingga dalam proses pembelajaran pendidik dapat lebih memantau baik proses ataupun hasil yang diperoleh peserta didik. 2) kendala pendidik dalam proses pembelajaran bahasa arab antara lain: a. Peserta didik memiliki latar belakang yang beragam b. Ketertarikan peserta didik yang heterogen terhadap bahasa arab c. Penerapan maharah istima’ yang terkadang kurang sesuai dengan kebutuhan peserta didik d. Waktu pembelajaran bahasa arab yang kurang dalam setiap pekannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Nashiruddin, M.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Buku ajar, Bahara Arab
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2024 10:33
Last Modified: 11 Jan 2024 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum