PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III MI NURUL UMMAH PRENGGAN

Salma Nur Wahyu Lestari, NIM.: 18104080077 (2023) PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III MI NURUL UMMAH PRENGGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III MI NURUL UMMAH PRENGGAN)
18104080077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III MI NURUL UMMAH PRENGGAN)
18104080077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakang i karena motivasi belajar siswa kelas III A di MI Nurul Ummah pada pembelajaran tematik masih tergolong rendah, sehingga hasil belajarnya pun kurang maksimal. Diantaranya masih banyak siswa yang kurang memperhatikan di saat guru menjelaskan materi pembelajaran dan siswa sering merasakan bosan saat proses pembelajaran berlangsung. Penerapan kegiatan ice breaking dapat membantu seorang guru menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan sebelum menyampaikan materi pembelajaran. Jika saat belajar siswa dalam suasana hati yang menyenangkan, maka mereka akan fokus, lebih mudah memahami dan menerima materi pembelajaran yang disampaikan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan ice breaking terhadap motivasi dan hasil belajar tematik siswa kelas III MI Nurul Ummah Prenggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Pre-Experimental Design. Desain penelitian eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III A yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penerapan ice breaking terhadap motivasi serta hasil belajar tematik pada siswa kelas III di MI Nurul Ummah. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji paired sample t-test pada variabel motivasi serta hasil belajar. Perolehan uji persial t-test pada variabel motivasi belajar diperoleh nilai sig 0,000<0,05. Artinya terdapat peningkatan yang signifikan penerapan ice breaking terhadap motivasi belajar tematik siswa kelas III pada pembelajaran di MI Nurul Ummah. Kemudian pada variabel hasil belajar diperoleh nilai sig 0,000<0,5. Artinya terdapat peningkatan yang signifikan penerapan ice breaking terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III pada pembelajaran di MI Nurul Ummah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd, Si
Uncontrolled Keywords: Ice Breaking, Motivasi Belajar, Hasl Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2024 11:35
Last Modified: 11 Jan 2024 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62884

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum