KORELASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MA N 1 WONOSOBO

Lailatul Azizah, NIM.: 19104010013 (2023) KORELASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MA N 1 WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MA N 1 WONOSOBO)
19104010013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KORELASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MA N 1 WONOSOBO)
19104010013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa tanggung jawab sangat penting dimiliki oleh siswa, salah satu faktor yang mempengaruhi tanggung jawab adalah cara guru menyampaikan materi pembelajaran. Salah satu alternatif yang digunakan guru dalam meningkatkan tanggung jawab adaah dengan menerapkan model pembelajaran PBL yang mana dengan model tersebut siswa akan menemukan pengetahuan sekaligus terampil bertanggung jawab dalam memecahkan masalah. Namun faktanya, meskipun telah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning tanggung jawab belajar siswa kelas XI masih kurang terbukti dengan adanya siswa yang masih belum mau mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik tingkat model pembelajaran PBL pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI MAN 1 Wonosobo, mengetahui seberapa baik tingkat tanggung jawab belajar siswa kelas XI MAN 1 Wonosobo dan apakah terdapat korelasi antara model pembelajaran PBL dengan tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI MAN 1 Wonosobo Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu skala model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan skala tanggung jawab belajar siswa. Populasi penelitian yaitu 402 siswa,kemudian diambil sampel dengan menggunakan teori Ari Kunto yang apabila populasi lebih dari 100 maka dapat diambil 10-15% atau 20-25%. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil 25% dari populasi yaitu 100 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat model pembelajaran PBL pada kelas XI MAN 1 Wonosobo tergolong sedang. 2) Tingkat tanggung jawab belajar kelas XI MAN 1 Wonosobo tergolong sedang. 3) Terdapat hubungan yang sedang dan positif antara model pembelajaran PBL dengan tanggung jawab belajar siswa kelas XI MAN 1 Wonosobo yang ditunjukkan dengan rxy 0, 556 yang berarti hubungannya seda

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Model PBL (Problem Based Learning), Tanggung Jawab Belajar, Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2024 11:59
Last Modified: 11 Jan 2024 11:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62892

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum