KEPERCAYAAN DIRI SISWA DITINJAU DARI KEAKTIFAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUHADHARAH MADRASAH ALIYAH NURUL HUDA CIKARANG SELATAN BEKASI

Tiara Khaerani, NIM.: 19104010016 (2023) KEPERCAYAAN DIRI SISWA DITINJAU DARI KEAKTIFAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUHADHARAH MADRASAH ALIYAH NURUL HUDA CIKARANG SELATAN BEKASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPERCAYAAN DIRI SISWA DITINJAU DARI KEAKTIFAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUHAḌHARAH MADRASAH ALIYAH NURUL HUDA CIKARANG SELATAN BEKASI)
19104010016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEPERCAYAAN DIRI SISWA DITINJAU DARI KEAKTIFAN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUHAḌHARAH MADRASAH ALIYAH NURUL HUDA CIKARANG SELATAN BEKASI)
19104010016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rasa percaya diri merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan kepribadian siswa. Membangun kepercayaan diri bagi siswa dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler muhaḍharah diidentikkan dengan kegiatan berbicara di depan umum untuk melatih dan mendidik mengembangkan kepercayaan dirinya. Namun pada kenyataannya di lapangan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler muhaḍharah bervariatif, terdapat siswa yang percaya diri dan kurang percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepercayaan diri siswa yang ditinjau dari keaktifan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler muhadaharah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, XII Madrasah Aliyah Nurul Huda Cikarang Bekali yang berjumlah 58 siswa. Subjek tersebut digolongkan menjadi tiga kategori, yaitu siswa yang sangat aktif, aktif, dan tidak aktif dalam melakasanakan kegiatan muhaḍharah. Adapun metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji chi kuadrat. Peneliti melakukan uji coba instrument berupa validitas menggunakan Corrected Item-Total Correlation dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach’. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kepercayaan diri siswa ditinjau dari keaktifan dalam mengikuti ekstrakurikuler muhaḍharah Madrasah Aliyah Nurul Huda Cikarang Selatan Bekasi (χ² = 43,45; p = 0,000; p < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Keaktifan Siswa, Ektrakurikuler Muhaḍharah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2024 12:02
Last Modified: 11 Jan 2024 12:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62893

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum