PEMANFAATAN INSTAGRAM @nuonline_id DALAM PENGAMALAN IBADAH SHALAT BERJAMAAH SANTRIWATI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA

Hanim Soraya, NIM.: 19104010079 (2023) PEMANFAATAN INSTAGRAM @nuonline_id DALAM PENGAMALAN IBADAH SHALAT BERJAMAAH SANTRIWATI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN INSTAGRAM @nuonline_id DALAM PENGAMALAN IBADAH SHALAT BERJAMAAH SANTRIWATI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA)
19104010079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN INSTAGRAM @nuonline_id DALAM PENGAMALAN IBADAH SHALAT BERJAMAAH SANTRIWATI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM SLEMAN YOGYAKARTA)
19104010079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan media sosial Instagram telah membawa dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang keagamaan. Perkembangan teknologi dan media sosial dapat menyebabkan adanya gangguan dalam fokus dan konsentrasi beribadah. Disisi lain, dalam pengembangan agama berbagai pihak bahkan organisasi juga memanfaatkan teknologi dan sosial media, sehingga memunculkan tanda tanya apakah teknologi dan sosial media dapat menjadi alat yang dapat dimanfaatkan kegunaanya dalam meningkatkan pengetahuan serta pemahaman pengamalan ibadah shalat berjmaah. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana santriwati asrama Al-Hikmah memanfatkan Instagram NU Online dalam pengamalan ibadah shalat berjamaah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field reseach) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan teori Milles & Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, selanjutnya diuji keabsahannya menggunakan metode triangulasi sumber. Penelitian ini menemukan bahwa 1) tingkat pengamalan ibadah shalat berjamaah santriwati asrama Al-Hikmah dinilai masuk kategori sedang, berdasarkan ketepatan waktu shalat berjamaah, keteraturan shalat berjamaah, dan pemenuhan syarat-syarat shalat berjamaah. 2) Adanya beberapa peran atau kegunaan dalam pemanfaatan Instagram NU Online yang mencakup sumber informasi, dan edukasi, peningkatan spiritual, serta keterhubungan komunitas (interaksi sosial). 3) Hambatan dan tantangan yang ditemui seperti distraksi digital, keterbatasan konten terkait tema, dan keberagaman isi konten. Sedangkan tantangan yang muncul dalam pemanfaatan Instagram NU Online adalah eksistensi dari platform lain. Secara keseluruhan penelitian ini telah memberikan sumbangsih pengetahuan di bidang pemanfaatan Instagram NU Online, terutama pada bagian sumber informasi, dan pengajaran seputar pengamalan ibadah shalat berjamaah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Instagram NU Online memberikan konstribusi positif terhadap pengamalan ibadah shalat berjamaah santriwati, namun juga dihadapkan pada beberapa tantangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Instagram, Media Sosial, NU Online, Ibadah, Shalat Berjamaah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2024 14:31
Last Modified: 11 Jan 2024 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62902

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum