PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) AL-QUR’AN HADITS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SURAH AL-FIL KELAS 2 MI

Ema Hindun Rofiqoh, NIM.: 19104010129 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) AL-QUR’AN HADITS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SURAH AL-FIL KELAS 2 MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) AL-QUR’AN HADITS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SURAH AL-FIL KELAS 2 MI)
19104010129_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) AL-QUR’AN HADITS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SURAH AL-FIL KELAS 2 MI)
19104010129_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Media PAI Al-Qur'an Hadits di MI pada proses pembelajaran sudah saatnya diberikan inovasi untuk membangun kemampuan berpikir siswa dan menarik minat siswa dalam berpikir kreatif seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sehingga membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk kelas 2 MI berdasarkan penilaian validator dan respon dari peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model Dick and Carey. Model Dick and Carey terdiri dari 10 tahap yakni 1) Mengidentifikasi tujuan pembelajaran yaitu tujuan pembelajaran siswa dapat menjelaskan kandungan surah al-Fil berdasarkan bahasa penalaran mereka; 2) Melakukan analisis instruksional yaitu menganalisis surah al-Fil dengan bantuan tafsir kandungan surah al-Fil; 3) Analisis pelajar dan konteks pembelajaran yaitu yang menerapakannya siswa kelas 2 MI dan pelaksanaannya di kelas; 4) Merumuskan tujuan perfomansi pembelajaran yaitu produk yang dikembangkan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Al-Qur’an Hadits; 5) Mengembangkan instrumen penilaian yaitu untuk mengembangkannya dengan membuat LKPD; 6) Mengembangkan strategi instruksional yaitu strategi pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan saintifik; 7) Mengembangkan dan memilih bahan belajar yaitu materi yang dipilih pada surah al-Fil pada buku paket Al-Qur’an Hadits kelas 2 MI; 8) Mendesain dan melakukan evaluasi formative yaitu membuat rancangan materi disertai gambar sesuai dengan tafsir ayat surah al-Fil dan melakukan uji coba produk LKPD melalui tim ahli validasi untuk dinilai kelayakannya; 9) Melakukan revisi terhadap produk yang dikembangkan yaitu diadakan perbaikan setelah menerima koreksian dari tim ahli validasi yaitu dosen ahli media, ahli materi dan ahli bahasa; dan 10) Merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif yaitu produk LKPD yang sudah direvisi dilakukan uji coba terbatas untuk mengetahui kefektifannya. Hasil penilaian kelayakan produk oleh validator diperoleh skor rata-rata 68,3 nilai A kategori sangat baik. Berdasarkan skor dari dosen ahli dan praktisi yang diperoleh tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa produk yang peneliti kembangkan dalam penelitian ini dikatakan layak. Sedangkan hasil uji terbatas oleh peserta didik memperoleh tanggapan positif dengan jawaban “ya” persentasi 100%. Berdasarkan hasil penilaian uji terbatas produk yang kembangkan dikatakan layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Jan 2024 15:03
Last Modified: 11 Jan 2024 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62906

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum