PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS 2 MI AL IMAN SOROGENEN TAHUN AJARAN 2022/2023

Iin Hardiyanti, NIM.: 19104020019 (2023) PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS 2 MI AL IMAN SOROGENEN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS 2 MI AL IMAN SOROGENEN TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT SISWA KELAS 2 MI AL IMAN SOROGENEN TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Al Iman Sorogenen. Guru lebih banyak menerapkan metode ceramah dan jarang menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab. Media poster merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran, khususnya pada pembelajaran mufradat. Tujuan peneliti menggunakan media poster sebagai media pembelajaran pada pembelajaran mufradat adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media poster terhadap peningkatan penguasaan mufradat siswa kelas 2 MI Al Iman Sorogenen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian preeksperimental design dengan model eksperimen one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 MI Al Iman Sorogenen yang berjumlah 11 siswa. Adapun teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, tes meliputi pretest postest serta dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan media poster terhadap peningkatan penguasaan mufradat siswa kelas 2 MI Al Iman Sorogenen mengalami peningkatan sebesar 18,63 dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu dari 72,27 menjadi 90,91. Selanjutnya analisis data melalui uji “t” jenis paired sample t test terdapat perbedaan yang signifikan yaitu dilihat dari perolehan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada penguasaan mufradat siswa. Sesuai dengan pengambilan keputusan maka diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurhapsari Pradnya Paramita M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Media, Pembelajaran, Poster, Penguasaan Mufradat
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2024 10:02
Last Modified: 12 Jan 2024 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum