EKSPERIMENTASI KITAB METODE MUSTAQILLI DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH DI KELAS VIII MT SN 1 KENDARI TAHUN AJARAN 2022/2023

Kamilatus Salsabila, NIM.: 19104020058 (2023) EKSPERIMENTASI KITAB METODE MUSTAQILLI DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH DI KELAS VIII MT SN 1 KENDARI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI KITAB METODE MUSTAQILLI DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH DI KELAS VIII MT SN 1 KENDARI TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI KITAB METODE MUSTAQILLI DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA’AH DI KELAS VIII MT SN 1 KENDARI TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini , ditemukan kurangnya kemampuan m aha rah qira ’ah dari siswa kelas viii , sehingga peneliti tertarik mengkaji lebih dalam pembelaj aran m aha rah qira ’ah dengan penerapan metode mustaqilli yang dikenal mampu mengatasi kesulitan dalam membaca, mengarang, berbicara dan menerjemah Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui penerapan metode mustaqilli dalam pembelajaran bahasa Arab m aha rah qira ’ah ( M engetahui perbedaan hasil kemampuan membaca ( qira ’ah ) siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pembelajaran m aha rah qira ’ah Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen control group pretest pos ttest Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Kendari dengan sumber data kepala m adrasah, guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII. P engumpulan data dilakukan me lalui wawancara, observasi , dokumentasi dan tes. Pengujian hipotesisnya menggunakan uji non parametrik jenis Mann Whitney melalui program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) P enerapan metode mustaqilli di kelas VIII.3 diawali dengan dengan penjelasan tujuan pembelajaran, definisi singkat metode mustaqilli, lalu pemberian mufr a dat dan penjelas an materi. Pada kegiatan inti perwakilan tiap kelompok diminta untuk men ganalisis dan menerjemahkan kalimat tertentu pada potongan kertas yang telah disiapkan lalu menuliskan hasilnya di atas papan tulis. Diakhir kegiatan pembelajaran, guru me lakukan refle ksi dan menarik kesimpulan pada materi. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar m aharah qiraah kelas eksperimen dengan menggunakan metode mustaqilli dan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode mustaqilli . Hal tersebut terlihat pad a uji M ann W hitney untuk kedua kelas menunjukkan hasil nilai pretest signifikansi 0.03 2 sedangkan hasil signifikansi posttest 0.0 48 yang mana lebih kecil dari 0.05 . Maka sesuai dengan hipotesis dapat disimpulkan d ari hasil analisis tersebut bahwa terd a pat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen yang menggunakan metode mustaqilli

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurhadi, S.Ag, MA
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Metode Mustaqilli, Pembelajaran Bahasa Arab, Maharah Qira'ah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2024 10:15
Last Modified: 12 Jan 2024 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62911

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum