ANALISIS KEMAMPUAN TPACK GURU BAHASA ARAB SD MUHAMMADIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA

Muhammad Tri Kuntara, NIM.: 19104020063 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN TPACK GURU BAHASA ARAB SD MUHAMMADIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN TPACK GURU BAHASA ARAB SD MUHAMMADIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA)
19104020063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN TPACK GURU BAHASA ARAB SD MUHAMMADIYAH SE-KOTA YOGYAKARTA)
19104020063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kurang maksimalnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab oleh guru, menunjukkan rendahnya kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi atau TPACK. Padahal TPACK memberikan kemudahan terhadap guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan TPACK guru bahasa Arab SD Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta solusinya guru bahasa Arab dalam menggunakan TPACK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data teori Miles, Huberman dan Saldana dengan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge guru bahasa Arab se-Kota Yogyakarta telah memenuhi semua komponen. Kemampuan TPACK guru bahasa Arab ditandai dengan penggunaan teknologi yang dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Melalui TPACK, pembelajaran bahasa Arab dapat secara maksimal diterima oleh siswa dan mengefisiensikan kinerja guru dalam mengajar. Oleh karena itu, hal tersebut dapat menjadi alternatif bagi guru bahasa Arab yang belum secara maksimal dalam kemampuan TPACK-nya. Faktor pendukung dari penggunaan TPACK oleh guru bahasa Arab terdiri dari 1) tersedianya sarana dan prasarana yang berfungsi dengan baik, 2) adanya kebijakan sekolah yang mendukung guru terhadap terlaksananya pembelajaran bahasa Arab menggunakan teknologi, 3) penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab menghasilkan pembelajaran bahasa Arab yang efektif sehingga guru memilih untuk menggunakan TPACK. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi yakni, 1) pengetahuan guru terkait perangkat teknologi pembelajaran yang belum maksimal, 2) kecakapan guru dalam menggunakan perangkat teknologi yang dipilih, 3) sarana dan prasarana yang kurang terawat sehingga ketika akan digunakan tidak berfungsi. Oleh karena itu, solusi yang dapat dilakukan adalah ada pada dalam diri guru itu sendiri dengan terus memiliki kemauan untuk belajar dan memperbarui kemampuan mengajarnya untuk terus menumbuhkan pengalaman belajar bahasa Arab yang menyenangkan bagi siswa. Serta kebijakan sekolah yang terus mendukung adanya lingkungan belajar yang mengikuti zaman dengan memberikan fasilitas-fasilitas teknologi yang menunjang baik bagi guru maupun siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I., M. Pd. I.
Uncontrolled Keywords: TPACK, Guru Bahasa Arab, Kemampuan Guru Bahasa Arab, Technological Pedagogical And Content Knowledge.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2024 10:17
Last Modified: 12 Jan 2024 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62912

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum