ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MODUL “PELATIHAN MUDAH DAN LANCAR MENULIS ARAB SISTEM 3 JAM” DI L EMBAGA K URSUS DAN P ELATIHAN JOGJA KALIGRAFI TAHUN 2023

Annisa Farizky Nurul Janah, NIM.: 19104020092 (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MODUL “PELATIHAN MUDAH DAN LANCAR MENULIS ARAB SISTEM 3 JAM” DI L EMBAGA K URSUS DAN P ELATIHAN JOGJA KALIGRAFI TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MODUL “PELATIHAN MUDAH DAN LANCAR MENULIS ARAB SISTEM 3 JAM” DI L EMBAGA K URSUS DAN P ELATIHAN JOGJA KALIGRAFI TAHUN 2023)
19104020092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MODUL “PELATIHAN MUDAH DAN LANCAR MENULIS ARAB SISTEM 3 JAM” DI L EMBAGA K URSUS DAN P ELATIHAN JOGJA KALIGRAFI TAHUN 2023)
19104020092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Menciptakan peserta didik yang mandiri dan mampu mengembangkan seluruh potensinya diperlukan keterampilan dan kreativitas pendidik dalam menyusun perencanaan pembelajaran, salah satunya adalah pemilihan sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi modul pembelajaran “Pelatihan Mudah dan Lancar Menulis Arab Sistem 3 Jam” di LKP Jogja Kaligrafi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah Direktur, pengurus, tenaga pengajar dan peserta didik LKP Jogja Kaligrafi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan doku mentasi. Keabsahan data memakai triangulasi sumber dan metode. Adapun teknis analisis data menggunakan konsep dari Miles dan Hubermen yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi modul pembelajaran “Pelatihan Mudah dan Lancar Menulis Arab Sistem 3 Jam” di LKP Jogja Kaligrafi Tahun 2023 antara lain : (1) Peserta didik diajak mengenal huruf hijaiyah tunggal disertai bunyinya, dan klasifikasi huruf ; (2) Peserta didik dikenalkan dengan proses pembentukan huruf yang berubah bentuk dan tidak berubah ; (3) peserta didik menulis Arab dalam proses pembentukan hur uf , huruf tunggal , dan huruf bersambung ; (4) Peserta didik diajak untuk latihan secara Istiqomah dan mandiri. faktor pendukung nya antara lain : (1) LKP Jogja Kaligrafi sebagai wadah utama bagi masyarakat untuk kegiatan pembelajaran kaligrafi ; (2) Tingginya rasa antusiasme masyarakat terhadap kaligrafi ; (3) LKP Jogja Kaligrafi juga sudah memiliki sertifikasi. Sedangkan faktor pengha mbatnya antara lain : (1) Masih sering terjadi peserta yang kurang begitu paham dengan instruksi yang ada ; (2) Kurangnya jumlah SDM yang dimiliki LKP Jogja Kaligrafi ; (3) Kurangnya sumber biaya ; (4) Kura ngnya pengajar yang dimiliki LKP Jogja Kaligrafi ; (5) Durasi waktu pelatihan kurang lama ; (6) Peserta didik kesulitan untuk menggambar kaligrafi ; (7) Kurangnya inovasi dalam cara mengajar, membuat peserta didik cenderung pasif dan kesulitan memahami pel ajaran ; (8) Peserta didik kesulitan menggunakan dua pensil saat praktik menulis Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Menulis Arab, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2024 10:28
Last Modified: 12 Jan 2024 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62914

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum