PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGENALKAN BAHASA JAWA PADA ANAK USIA 2-6 TAHUN DI GROJOGAN TAMANAN BANGUNTAPAN BANT

Lia Aisyah, NIM.: 19104030016 (2023) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGENALKAN BAHASA JAWA PADA ANAK USIA 2-6 TAHUN DI GROJOGAN TAMANAN BANGUNTAPAN BANT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGENALKAN BAHASA JAWA PADA ANAK USIA 2-6 TAHUN DI GROJOGAN TAMANAN BANGUNTAPAN BANT)
19104030016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGENALKAN BAHASA JAWA PADA ANAK USIA 2-6 TAHUN DI GROJOGAN TAMANAN BANGUNTAPAN BANT)
19104030016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah yang saat ini masih digunakan sebagai sarana komunikasi bagi masyarakat Jawa. Namun seiring perkembangan zaman, kepedulian orang tua terhadap Bahasa Jawa semakin menurun. Orang tua Jawa perlu mengenalkan Bahasa Jawa pada anak sebagai salah satu upaya orang tua dalam menanamkan rasa cinta budaya dan nilai sopan santun pada anak usia dini dengan berlandaskan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dalam mengenalkan Bahasa Jawa pada anak usia 2-6 tahun di Grojogan Tamanan Banguntapan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 2-6 tahun di Grojogan Tamanan Banguntapan Bantul berjumlah 47 anak. Uji validasi instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh terhadap pengenalan Bahasa Jawa pada anak usia 2-6 tahun di Grojogan Tamanan Banguntapan Bantul. Simpulan ini dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis data yang menunjukkan bahwa hasil perhitungan nilai Sig. untuk pengaruh (Parsial) Pola Asuh tehadap pengenalan Bahasa Jawa sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan perhitungan uji korelasi sederhana diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,407 yang berarti bahwa pola asuh orang tua berpengaruh dalam pengenalan Bahasa Jawa pada anak usia 2-6 tahun di Grojogan Tamanan Banguntapan Bantul sebesar 40,7%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Pengenalan Bahasa Jawa, Anak Usia 2-6 Tahun
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2024 10:36
Last Modified: 12 Jan 2024 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62915

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum