PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA KELAS B3 DI RA MASYITHOH KARANGANOM

Tri Kurnianingsih, NIM.: 19104030067 (2023) PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA KELAS B3 DI RA MASYITHOH KARANGANOM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA KELAS B3 DI RA MASYITHOH KARANGANOM)
19104030067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA KELAS B3 DI RA MASYITHOH KARANGANOM)
19104030067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa masih banyak siswa yang kosakatanya kurang ketika ditanya guru siswa cenderung diam karena lupa terhadap kosakata yang telah dipelajari, padahal kosakata tersebut sudah diajarkan oleh guru, pelafalan yang tidak jelas ketika diminta guru untuk membaca kosakata dimajalah siswa belum bisa membaca dengan benar, dan kemampuan menyimaknya kurang fokus ketika guru sedang menjelaskan materi siswa sibuk mengobrol dengan temannya bahkan ada yang asyik bermain. Guru juga masih menggunakan metode yang konvensional, dimana guru hanya ceramah, siswa mendengarkan kemudian siswa menirukan ucapan guru, lalu siswa disuruh untuk menulis ulang kosakata tersebut. Hal tersebut ternyata kurang berbasis dengan dunia anak yang masih ingin bersenang-senang di dalam pembelajaran. Melalui diterapkannya metode bernyanyi yang bervariasi siswa akan lebih mudah tertarik untuk belajar bahasa Arab. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui penguasaan kosakata bahasa Arab sebelum diterapkan metode bernyanyi di kelas B3 RA Masyithoh Karanganom, (2) untuk mengungkapkan bagaimana metode bernyanyi guna meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab di kelas B3 RA Masyithoh Karanganom, (3) untuk mengetahui penguasaan kosakata bahasa Arab setelah diterapkan metode bernyanyi di kelas B3 RA Masyithoh Karanganom. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif, yakni penelitian dengan guru kelas bekerjasama dalam proses pembelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelas B3 RA Masyithoh Karanganom dengan jumlah anak 17 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah penguasaan kosakata bahasa Arab melalui metode bernyanyi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan mengambil data yang dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Adapun urutan pelaksanaan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Ananalisis data yang digunakan peneliti yaitu deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari menganalisis hasil catatan observasi dan dokumentasi. Data kuantitatif diperoleh dari menganalisis data observasi berdasarkan penyajian tabel dan presentase. Penentuan kriteria dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Ngalim Purwanto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penguasaan kosakata bahasa Arab anak kelas B3 RA Masyithoh Karanganom sebelum tindakan pelaksanaan hanya sebesar 33%. (2) Penerapan metode bernyanyi dilakukan dua siklus, dengan dua pertemuan setiap siklusnya. Setiap pertemuan dibagi menjadi tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan pada pra siklus yaitu guru melafalkan kosakata bahasa Arab sambal menunjuk gambar di majalah, siswa menirukan ucapan guru, siswa menulis kosakata bahasa Arab yang ada di majalah. Kegiatan pada siklus I yaitu peneliti memperkenalkan berbagai kosakata nama buah dalam bahasa arab menggunakan poster disertai dengan nada lagu “Anak Kambing Saya”, peneliti mengkolaborasikan nada lagu tersebut dengan kosakata nama buah dalam bahasa Arab seperti (anggur, jeruk, apel, semangka, pisang, melon, kurma, nanas, alpukat, papaya, dan stroberi), siswa menirukan lagu yang dicontohkan oleh peneliti, siswa mengerjakan tugas menulis nama buah-buahan dan menebalkan tulisan kosakata bahasa Arab. Kegiatan pada siklus II yaitu siswa mengerjakan tugas menghubungkan gambar buah dengan kosakata bahasa Arab, siswa mengulangi kosakata bahasa Arab dari siklus I sambal bernyanyi, peneliti melakukan tanya jawab menggunakan kartu bergambar kosakata nama buah bahasa Arab, siswa diminta menyebutkan gambar buah dalam bahasa Arab yang ditunjuk peneliti pada kartu, siswa, peneliti dan guru bersama-sama menyanyikan lagu kosakata nama buah dalam bahasa Arab. (3) Setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan metode bernyanyi siswa mampu menghafal, memahami dan mampu mengucapkan nama buah-buahan dalam bahasa Arab dengan benar. Hal ini terlihat pada hasil pra siklus penguasaan kosakata bahasa Arab sebesar 33% meningkat menjadi 56% pada siklus I dan menjadi 96% pada siklus II. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian bahwa melalui metode bernyanyi penguasaan kosakata bahasa Arab dapat diserap anak dengan mudah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Zubaedah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata, Kosakata Bahasa Arab, Metode Bernyanyi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Jan 2024 11:12
Last Modified: 12 Jan 2024 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62920

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum