PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KARTU DOMINO MODIFIKASI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA/MA

Tazkia Aulia Nafi’ah, NIM.: 19104070049 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KARTU DOMINO MODIFIKASI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KARTU DOMINO MODIFIKASI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA/MA)
19104070049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KARTU DOMINO MODIFIKASI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA/MA)
19104070049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk: 1) mengetahui kevalidan media kartu domino modifikasi yang dikembangan pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI SMA/MA. 2) mengetahui kepraktisan media kartu domino modifikasi yang dikembangan pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun, penelitian ini hanya sampai pada tahap Development. Kartu domino modifikasi dinilai menggunakan instrumen berupa lembar angket oleh ahli media dan ahli materi untuk uji kevalidan dan guru biologi dan peserta didik kelas untuk uji kepraktisan. Subjek penelitian ini meliputi 1 ahli media, 1 ahli materi, 1 guru biologi, dan 15 peserta didik kelas XII MIPA SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, sedangkan objek penelitian ini yaitu kartu domino modifikasi pada materi sistem pencernaan manusia. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu 1) kevalidan dari kartu domino modifikasi pada sistem pencernaan manusia tergolong dalam kategori “Sangat Valid” dengan persentase penilaian oleh ahli media sebesar 80,9% dan ahli materi sebesar 100%. 2) kepraktisan dari kartu domino modifikasi pada sistem pencernaan manusia tergolong dalam kategori “Sangat Praktis” dengan persentase penilaian dari guru biologi sebesar 98% dan peserta didik sebesar 87%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pengembangan, Kartu Domino Modifikasi, R&D (Research and Development), ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), Sistem Pencernaan Manusia
Uncontrolled Keywords: Pembimbing: Aprillyana Dwi Utami, S.Pd., M.A.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jan 2024 09:49
Last Modified: 16 Jan 2024 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62953

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum