PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BARKAT (GAMBAR BERTONGKAT) PADA MATA PELAJARAN SKI

Muflihatun Niswah, NIM.: 19104080009 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BARKAT (GAMBAR BERTONGKAT) PADA MATA PELAJARAN SKI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BARKAT (GAMBAR BERTONGKAT) PADA MATA PELAJARAN SKI)
19104080009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BARKAT (GAMBAR BERTONGKAT) PADA MATA PELAJARAN SKI)
19104080009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar mengajar mata pelajaran SKI di MI Nurullah hanya berpusat kepada guru saja. Guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak memakai media pembelajaran saat mengajarkan mata pelajaran SKI, sehingga siswa merasa kurang tertarik dan merasa jenuh. Siswa juga cenderung tidak menyukai mata pelajaran SKI karena dianggap sulit dan membutuhkan daya ingat untuk mempelajarinya. Hal itu ditunjukkan dari sikap siswa yang cenderung melamun bahkan ada yang mengobrol dengan temannya pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan media pembelajaran Barkat (2) untuk memperoleh kelayakan media Barkat oleh para ahli, dan (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap media Barkat. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Reseach and Development) dengan model pengembangan Four-D (4-D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan tahapan define, desain dan development saja. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan yakni angket lembar validasi dan angket respon siswa. Adapun angket lembar validasi berupa angket dengan pengukuran skala 5 digunakan untuk memperoleh penilaian dari 1 ahli materi, 1 ahli media, 3 peer reviewer dan 1 guru SKI. Sedangkan angket respon siswa digunakan untuk memperoleh respon 10 siswa terhadap pengembangan media Barkat. Uji coba terbatas dilakukan pada mata pelajaran SKI di kelas 3 MI Nurullah Palimanan Cirebon. Data yang diperoleh yakni berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil yang diperoleh di jumlahkan dan dicari rata-ratanya untuk mengetahui kelayakan menurut kriteria SB, B, CB, KB dan untuk mengetahui media Barkat mendapat respon positif atau negatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan produk yang berhasil dikembangkan dengan bentuk media cetak (2) berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media, media Barkat memperoleh nilai B yang masuk dalam kaegori “Baik”. Dengan total skor yakni 101 dan memperoleh rata-rata skor yakni 4,2. Sedangkan penilaian dari 3 Peer Reviewer, media Barkat memperoleh nilai nilai SB yang masuk dalam kaegori “Sangat Baik”. Dengan total skor yakni 325 dan memperoleh rata- rata skor yakni 4,5. Dan penilaian media Barkat dari 1 guru SKI yakni memperoleh nilai SB yang masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan total skor yakni 113 dan memperoleh rata-rata skor yakni 4,7. (3) berdasarkan hasil penilaian dari respon siswa media Barkat memperoleh skor 93 dari total skor 100. Kemudian untuk hasil rata-rata persentase, media barkat memperoleh 93% dan masuk pada kategori “Positif”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. M. Saidul Muzzaki, S. Pd. I,. M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Barkat, SKI, Reseach and Development, Media Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jan 2024 10:09
Last Modified: 16 Jan 2024 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62958

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum