PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK MATERI SUMBER ENERGI SEBAGAI PENDAMPING BELAJAR SISWA KELAS 3 SDN 2 KEPUTRAN

Dyah Esti Mandagani, NIM.: 19104080036 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK MATERI SUMBER ENERGI SEBAGAI PENDAMPING BELAJAR SISWA KELAS 3 SDN 2 KEPUTRAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK MATERI SUMBER ENERGI SEBAGAI PENDAMPING BELAJAR SISWA KELAS 3 SDN 2 KEPUTRAN)
19104080036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA POCKET BOOK MATERI SUMBER ENERGI SEBAGAI PENDAMPING BELAJAR SISWA KELAS 3 SDN 2 KEPUTRAN)
19104080036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Idealnya media pembelajaran mengandung fleksibilitas dalam menyampaikan sebuah informasi dengan cara mengilustrasikannya. Akan tetapi LKS sebagai media belajar siswa kurang menonjolkan gambar sebagai stimulus visualisasi materi melasinkan lebih menekankan pada latihan soal. Dampaknya minimnya visualisai yang dihadirkan LKS membuat guru merasa kesulitan untuk meratakan konsep pemahaman siswa. Melihat fakta tersebut selaras dengan teori yang dikembangkan oleh Piaget yang menyatakan bahwa anak usia 8-9 tahun sudah memiliki daya ingat memori yang mulai tumbuh, namun pola penalaran yang bersifat abstrak siswa sulit untuk menerimanya. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan buku pendamping berupa pocket book untuk membantu guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar khususnya untuk penyampaian visualisasi sebuah materi yang bersifat abstrsak. Pengembangan pocket book sebagai pendamping belajar akan mempermudah siswa dalam mengakses informasi yang tidak ditemukan dalam buku LKS. Pocket book hadir dalam bentuk buku cetak yang didalamnya berisikan materi tambahan dan video pembelajaran yang dapat diakses melalui Qr-Code. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan 4 model tahapan yang terdiri dari (1) Define, (2) Desain, (3) Development, (4) Dissemination. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif berdasarkan penilaian ahli materi, ahli bahasa, ahli media, guru kelas 3 dan siswa kelas 3. Hipotesis keberhasilan penelitian ini adalah mampu direspon positif oleh guru dan siswa serta mendapatkan nilai kelayakan dari para ahli. Pocket book materi sumber energi mampu dijadikan sebagai pendamping belajar siswa. Hasil pengembangan Pocket book ini mendapatkan hasil kriteria layak dengan perbaikan oleh ahli materi, ahli dan bahasa, dengan respon positif dari guru dan siswa. Rata-rata penilaian dari para ahli, guru kelas, dan siswa menunjukan kategori “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Izzatin Kamala, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pocket Book, Visualisasi, Sumber Energi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jan 2024 11:10
Last Modified: 16 Jan 2024 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62963

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum