IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA KEARIFAN LOKAL KELAS IV SD NEGERI BALUWARTI KOTAGEDE

Umu Farkhatun Khasanah, NIM.: 19104080051 (2023) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA KEARIFAN LOKAL KELAS IV SD NEGERI BALUWARTI KOTAGEDE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA KEARIFAN LOKAL KELAS IV SD NEGERI BALUWARTI KOTAGEDE)
19104080051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA KEARIFAN LOKAL KELAS IV SD NEGERI BALUWARTI KOTAGEDE)
19104080051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan proyek yang dilakukan untuk menanamkan karakter profil pelajar pancasila pada diri peserta didik. dalam prosesnya hamir sama dengan kegiatan proyek untuk menghasilkan suatu karya atau aksi, namun yang menjadi tujuan ketercapaia proyek penguatan profil pelajar Pancasila adalah karakter Pancasila yang terangkum dalam 6 dimensi profil pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui 1) desain perencanaan kegiatan P5, 2) pengelolaan kegiatan P5, 3) menyusun laporan kegiatan P5, dan 4) evaluasi kegiatan P5. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah kelas IV SD N Baluwarti Kotagede, terdapat 3 subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, coordinator proyek, dan fasilitator kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik triangulasi teknik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) dalam tahap desain meliputi pembentukan tim fasilitator yang terdiri dari pendidik kelas 1,2,4,5 yang telah menerapkan kurikulum merdeka, pengalokasian waktu khusus pelaksanaan P5 yaitu durasi 5 JP selama seminggu, penentuan tema dan topik disesuaikan dengan isu yang sedang hangat yaitu tema kearifan local dengan topik Kue Kembang Waru pada dimensi gotongroyong elemen kolaborasi dan kerjasama, dan dimensi kreatif pada elemen keluwesan dan gagasan orisinil, penyusunan modul proyek dilakukan dengan mengkolaborasi dari modul proyek yang sudah ada di PMM. 2) Pengelolaan kegiatan P5 di kelas IV dimulai dari tahap pengenalan Kue Kembang Waru, dilanjut tahap membuat karya kipas Kembang Waru dan Talenan Kembang Waru, setelah itu tahap ketiga yaitu melakukan kunjungan langsung ke sentra pembuatan Kue Kembang Waru, tahap selanjutnya yaitu refleksi kegiatan P5 melalui kegiatan gelar karya. Dan pada tahap akhir tindak lanjut berupa penilaian kegiatan P5 melalui rubrik dimensi profil pelajar Pancasila. Terdapat keterlibatan mitra dari sentra pembuatan Kue Kembang Waru Pak Bas dan Bu Gidan serta keterlibatan mitra dari koramil, Polsek, dan ketua RT setempat. 3) Penyusunan laporan kegiatan P5 pada topik Kue Kembang Waru di kelas IV ini dilakukan dengan pembuatan portofolio berupa hasil karya atau proyek yang telah dikerjakan dan rapot proyek. 4) Evaluasi kegiatan dilakukan dengan menggunakan rubrik yang berisi skala perkembangan peserta didik dan tindak lanjut kegiatan P5 yang harapannya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andhika Yahya Putra, M.Or.
Uncontrolled Keywords: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kearifan Lokal
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jan 2024 11:16
Last Modified: 16 Jan 2024 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62965

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum