PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI MI NEGERI 2 BLITAR

Anis Luthfiyana Al-Ghorry, NIM.: 19104080061 (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI MI NEGERI 2 BLITAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI MI NEGERI 2 BLITAR)
19104080061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI MI NEGERI 2 BLITAR)
19104080061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA di kelas IV MI Negeri 2 Blitar tahun ajaran 2023/2024. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran IPA belum dilaksanakan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Make a Match terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif mata pelajaran IPA siswa kelas IV di MI Negeri 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Quasi Eksperimen. Penelitian ini menggunakan design penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa – siswi kelas IV MI Negeri 2 Blitar. Sampel dipilih dengan teknik sampel jenuh yaitu 30 siswa kelas IV A dan 30 siswa kelas IV B. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket dan soal tes. Sebelum diberikan perlakuan, siswa diberikan pretest dan selanjutnya siswa diberikan perlakuan. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Independent T test dan Uji MANOVA pada program SPSS 18. Hasil uji Independent T test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji t test pada aktivitas belajar 0,001 < 0,05 dan hasil belajar 0,000 < 0,05 maka (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Berdasarkan Uji MANOVA, menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan antara metode pembelajaran Make a Match terhadap aktivitas belajar. Dari hasil analisis data menunjukkan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh signifikan antara metode pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar kognitif yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh signifikan antara metode pembelajaran Make a Match terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV di MI Negeri 2 Blitar dengan nilai signifikan masing-masing 0,000 dan 0,000 yang mana keduanya memiliki nilai signifikansi < 0,05. Maka, (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Make a Match mempengaruhi aktivitas belajar dan hasil belajar kognitf mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sedya Santosa, SS, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Make a Match, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jan 2024 11:21
Last Modified: 16 Jan 2024 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62967

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum