EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON

Luk Luk Sa’adah, NIM.: 19104080067 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON)
19104080067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA KELAS III MI MA’ARIF DIPON)
19104080067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar pendidikan dalam semua jenjang. Mata pelajaran Bahasa Indonesia berperan penting dalam mengembangkan wawasan pengetahuan siswa. Empat keterampilan dalam berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) peserta didik kelas bawah lebih difokuskan pada keterampilan membaca dan menulis. Menulis untuk kelas bawah dibagi menjadi dua yaitu menulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung. MI Ma’arif Diponegoro adalah sekolah yang masih menjadikan pembelajaran menulis tegak bersambung sebagai materi untuk kelas bawah. Namun dalam prosesnya peserta didik masih kurang antusias dalam pembelajaran menulis tegak bersambung seperti ketepatan penulisan dan penggunaan hufur kapital yang benar. Dengan demikian peneliti ingin memberikan solusi dalam proses pembelajaran menulis tegak bersambung dengan bantuan media flashcard. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dan efektivitas penggunan media pembelajaran flashcard terhadap keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas III MI Ma’arif Diponegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III MI Ma’arif Diponegoro berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Observasi dilakukan sebelum penelitian dan mendapatkan hasil bahwa pembelajaran menulis tegak bersambung masih belum dilaksanakan secara maksimal. Wawancara dengan guru kelas III yang menuturkan bahwa siswa masih kesulitan dalam pembelajaran terkait cara menyambung pada tiap-tiap huruf dan panjang pendek huruf yang harus ditulis. Tes dalam dua tahap yaitu pretest dan posttest dengan masing-masing jumlah 15 butir soal. Dalam pelaksanaan tes diantara pretest dan posttest peserta didik diberikan perlakuan/treatment sebanyak empat kali dengan bantuan media pembelajaran flashcard. Media ini digunakan untuk menarik perhatian dan membantu siswa dalam proses pembelajaran. Serta dokumentasi untuk mengambil data yang diperlukan terkait penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam keterampilan menulis tegak bersambung dengan bantuan media flashcard. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji Paired Sample T-Test bahwa nilai signifikasi <0,05 yaitu nilai signifikasi hasil analisis <0,001 yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Presentase nilai efektivitas pada penelitian ini dengan uji N-Gain Score yaitu sebesar 59% dengan kategori tafsiran cukup efektif. Serta ungkapan peserta didik pada hasil wawancara yang dilakukan setelah pemberian treatment dengan bantuan media pembelajaran flashcard siswa merasa tertarik dan lebih terbantu dengan penggunaan media tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andhika Yahya Putra, M.Or.
Uncontrolled Keywords: Flashcard, Menulis Tegak Bersambung, Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Jan 2024 11:23
Last Modified: 16 Jan 2024 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62968

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum