PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD KOMBINASI PADA HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV A DI MI AL-HUDA KARANGNONGKO

Muhammad Fikruzzaman Makarim, NIM.: 20104080045 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD KOMBINASI PADA HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV A DI MI AL-HUDA KARANGNONGKO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD KOMBINASI PADA HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV A DI MI AL-HUDA KARANGNONGKO)
20104080045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD KOMBINASI PADA HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV A DI MI AL-HUDA KARANGNONGKO)
20104080045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan kurikulum yang terus terjadi sesuai dengan perkembangan zaman berdampak pada landasan adanya pembelajaran bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan di dunia. Terbatasnya penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran bahasa Inggris di MI Al-Huda Karangnongko menjadi salah satu alasan peneliti mengembangkan media pembelajaran flash card kombinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran flash card kombinasi, mengetahui kelayakan media pembelajaran flash card kombinasi, mengetahui respon siswa pada media pembelajaran flash card kombinasi, dan mengetahui hasil belajar siswa setelah dan sebelum menggunakan flash card kombinasi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Developmen (R&D) dengan model Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan 8 tahap penelitian R&D yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Huda Karangnongko Kabupaten Sleman. Berikut adalah langkah-langkah yang digunakan peneliti dalam mengembangkan flah card kombinasi: a) Potensi dan masalah, b) Mengumpulkan informasi, c) Desain Produk, d) Validasi Desain, e) Perbaikan desain, f) Uji coba terbatas, g) Revisi produk, h) Uji coba lapangan. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran flash card kombinasi yang dikembangkan dari modul bahasa Inggris KEMENDIKBUD. Hasil dari validasi kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor 56 dari 60 dengan persentase 93,33% dengan kategori sangat layak, ahli media mendapatkan skor 51 dari 55 dengan persentase 92,72% dengan kategori sangat layak, ahli pembelajaran mendapatkan skor 98 dari 105 dengan persentase 93,33 %, respon guru mendapatkan skor 90 dari 100 dengan persentase 90% dengan kategori sangat baik. Media pembelajaran flash card kombinasi mendapatkan respon yang sangat baik. Respon siswa mendapatkan skor 234 dari 260 dengan persentase 90 % dengan kategori sangat baik. Pada hasil belajar siswa terdapat perubahan yang signifikan yang dibuktikan dengan sig (2-tailed) 0.00. 0.000. menunjukan ≤ 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pelajaran Bahasa Inggris, Flash Card Kombinasi.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Jan 2024 09:02
Last Modified: 17 Jan 2024 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62992

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum