Ideal Dasar Dibangun oleh Titik-Titik pada Cycle Tanpa Exxit dalam Aljabar lintasan Leavitt : Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Aljabar

Hj. Khurul Wardati, - (2024) Ideal Dasar Dibangun oleh Titik-Titik pada Cycle Tanpa Exxit dalam Aljabar lintasan Leavitt : Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Aljabar. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ideal Dasar Dibangun oleh Titik-Titik pada Cycle Tanpa Exxit dalam Aljabar lintasan Leavitt : Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Aljabar)
Prof. Khurul Wardati _Ideal Dasar Dibangun oleh Titik-Titik pada Cycle Tanpa Exxit dalam Aljabar lintasan Leavitt Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Aljabar.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Subhimpunan herediter dari himpunan titik-titik pada quiver memiliki peran penting dalam konstruksi ideal maupun ideal dasar dalam aljabar lintasan Leavitt atas ring komutatif unital. Sebarang titik dalam aljabar lintasan Leavitt merupakan idempoten, tetapi belum tentu primitive, Elemen titik idempotent primitive dapat berupa titik pada sikel tanpa eksit. Subhimpunan P.(Q) bersifat herediter menotasikan himpunan semua titik-titik pada sikel tanpa eksit. Tulisan ini menganalis peran subhimpunan herediter dari titik-titik idempotent primitive berupa titik-titik pada sikel tanpa eksit dan ideal dari ring komutatif unital dalam membentuk ideal (dasar) dari aljabar lintasan Leavitt atas ring komutatif unital. Ideal non trivial / dari ring komutatif unital R dan titik EP. (Q) dengan sikel c tanpa eksit bersumber di v, dapat mengkonstruksi ideal dalam aljabar lintasan Leavitt Lp(Q) berbentuk (lv) M(x, x¹]) dimanan adalah banyaknya lintasan berujung di, bukan ideal dasar. Namun jika /=R maka (Rv) = (v) M (Rx,x]) adalah ideal dasar dalam (Q).

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Titik-Titik, Cycle Tanpa Exit, Aljabar, Leavitt
Subjects: Matematika
Divisions: UINSIANA > 14. Pidato Pengukuhan Guru Besar
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 18 Jan 2024 09:57
Last Modified: 18 Jan 2024 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63044

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum