EFEKTIVITAS MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN BAWU JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011

AHMAD MUBAROK, NIM.: 06600056 (2011) EFEKTIVITAS MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN BAWU JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN BAWU JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA·.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTsN BAWU JEPARA TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model RME (Realistic Mathematics Education) pada pembelajaran matematika kelas VII MTs Negeri Bawu Jepara tahun ajaran 2010/2011. Dengan menerapkan pembelajaran model RME diharapkan meningkatkan efektivitas belajar matematika siswa kelas VII, khususnya pada materi Aritmetika Sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan berupa tes. Sedangkan teknis analisis data menggunakan bantuan SPSS, baik untuk menghitung validitas instrumen, reliabilitas instrumen, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan model RME untuk kelas siswa VII MTs Negeri Bawu pada materi Aritmetika Sosial tidak lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan besar nilai efektivitas hasil belajar dari kedua kelas sampel, yaitu 100% untuk kelas kontrol dan 84,84% untuk kelas eksperimen. Artinya, efektivitas pembelajaran di kelas eksperimen 15,16% lebih rendah dibandingkan dengan kelas kontrol. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ketidakefektifan tersebut, di antaranya adalah faktor guru, siswa, dan metode yang digunakan di kelas serta alat peraga yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Estina Ekawati, M.Pd. 2. Epha Diana Supandi, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: RME, efektivitas, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 27 Jul 2023 10:46
Last Modified: 27 Jul 2023 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6329

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum