ANALISIS TERHADAP UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 2022 TENTANG TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL (STUDI KASUS DI DP3AP2 PROVINSI DIY DALAM PERSPEKTIF MAS{LAH}AH MURSALAH)

Lili Istianah, S.H., NIM.: 21203012071 (2023) ANALISIS TERHADAP UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 2022 TENTANG TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL (STUDI KASUS DI DP3AP2 PROVINSI DIY DALAM PERSPEKTIF MAS{LAH}AH MURSALAH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS TERHADAP UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 2022 TENTANG TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL (STUDI KASUS DI DP3AP2 PROVINSI DIY DALAM PERSPEKTIF MAS{LAH}AH MURSALAH))
21203012071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS TERHADAP UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 2022 TENTANG TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL (STUDI KASUS DI DP3AP2 PROVINSI DIY DALAM PERSPEKTIF MAS{LAH}AH MURSALAH))
21203012071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pelecehan seksual merupakan sebuah ancaman untuk anak bangsa perenggutan secara paksa atas diri seseorang menjadikan hilangnya harkat dan martabat perlunya dorongan mental dari keluarga serta lembaga penegak hukum perlu dilakukan secara intensif dan berkelanjutan pengesahan UU TPKS menjadi sebuah awal yang baik untuk penanganan korban kekerasan sekusal dalam UU TPKS membahas secara spesifik jenis kekerasan seksual yang dilakukan dan cara seseorang itu melakukan kekerasan seksual. Pembentukan lembaga daerah yang dibentuk untuk membantu korban kekerasan seksual seprti Dinas Pemberdayaan perempuan dan Anak dan Pengendalian Penduduk DIY dengan memberikan pelayanan yang berupa pelayanan pendampingan, pelayanan medis, pelayanan sikolog, pelayanan konsultasi dan layanan hukum bertujuan untuk memberikan pertolongan kepada seseorang yang mengalami kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apasaja bentuk program dari DP3AP2 DIY untuk menanggulangi korban kekerasan seksual yang dilihat dari segi implementasinya didalam masyarakat serta melihat dari aspek mas}lah}ah dari program yang dibentuk dan diberlakukan dimasyarakat oleh DP3AP2 DIY. Pada peneltian ini UU TPKS menjadi dasar untuk DP3AP2 DIY dalam proses implementasi program kerja yang telah dibentuk serta bagaimana DP3AP2 DIY dalam melakukan penanganan terhadap korban kekerasan seksual. pendektan penelitian ini adalah pendekatan empiris dengan menggunakan pendekatan sosiologis dimana penelitian ini datang langsung ke kantor DP3A2 DIY dengan mengajukan pertanyaan secara struktur terkait dengan program kerja, jenis pelayanan dan metode pendampingan korban kekerasan sekusal sebagai sumber data utama sehingga penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan atau field research. Kajian sosiologis terhadap implementasi UU TPKS menjadi fokus kajian dimana DIY merupakan daerah wisata yang banyak didatangi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga rawan terjadinya kasus kejahatan seksual maka kajian ini lebih melihat dari segi pelayanan dan pendampingan yang dilakukan oleh DP3AP2 DIY dalam penanggulangan kasus kejahatan seksual. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori implementasi kebijakan, efektivitas hukum dan mas}lah}ah mursalah untuk menganalisi hasil penelitian lapangan yang dilakukan secara langsung kepada DP3AP2 DIY. Hasil dari penelitian ini membahas secara keseluruhan bahwa DP3AP2 DIY mampu mengimplementasikan intisari dari UU TPKS dengan melakukan sosialisasi secara virtual dan secara langsung serta bentuk pelayanan dan pendampingan yang cukup optimal dalam penangaan terhadap korban jahatan sekual sehingga secara lembaga DP3AP2 DIY mampu memberikan kemaslahatan untuk umat manusia tertama untuk masyarakat DIY.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ocktoberrinsyah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: perlindungan anak; pemberdayaan perempuan; tindak pidana kekerasan seksual; maslahah mursalah
Subjects: Hukum Tata Negara
PIDANA
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2) > Hukum Tata Negara
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Feb 2024 09:13
Last Modified: 05 Feb 2024 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63412

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum