ANALISIS KONJOIN MENGGUNAKAN METODE FULL PROFILE DAN PAIRWISE COMPARISON (Studi Kasus: Preferensi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam Memilih Calon Pasangan Hidup)

Aulia Saidatul Khusna, NIM.: 17106010041 (2023) ANALISIS KONJOIN MENGGUNAKAN METODE FULL PROFILE DAN PAIRWISE COMPARISON (Studi Kasus: Preferensi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam Memilih Calon Pasangan Hidup). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KONJOIN MENGGUNAKAN METODE FULL PROFILE DAN PAIRWISE COMPARISON (Studi Kasus: Preferensi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam Memilih Calon Pasangan Hidup))
17106010041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KONJOIN MENGGUNAKAN METODE FULL PROFILE DAN PAIRWISE COMPARISON (Studi Kasus: Preferensi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam Memilih Calon Pasangan Hidup))
17106010041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pernikahan merupakan hal yang sakral dan serius. Dalam memutuskan siapa yang akan menjadi pasangan, perlu pertimbangan khusus dari berbagai aspek. Islam sendiri sudah memberikan tuntunan bahwa dalam memilih pasangan agar melihat dari harta, paras, nasab dan agama. Namun lebih ditekankan agar melihat dari agama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui preferensi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam memilih calon pasangan hidup. Pada penelitian ini terdapat 5 atribut kriteria pasangan yaitu pekerjaan, pendidikan, usia, suku dan agama. Atribut pekerjaan dengan 3 level yaitu PNS, swasta dan pengusaha. Atribut pendidikan dengan 3 level yaitu SMA, S1 dan S2. Atribut usia dengan 3 level yaitu lebih muda, sebaya dan lebih tua. Atribut suku dengan 2 level yaitu beda suku dan sesuku. Atribut agama dengan 2 level yaitu pendidikan non pesantren dan pendidikan pesantren. Penelitian ini menggunakan analisis konjoin. Analisis konjoin meupakan teknik analisis multivariat yang digunakan untuk mengidentifikasi preferensi konsumen terhadap suatu produk barang atau jasa. Terdapat 2 metode yang digunakan dalam menganalisa masalah, yaitu metode full profile dan metode pairwise comparison. Hasil penelitian menggunakan metode full profile, kriteria pasangan paling dipertimbangkan oleh mahasiswa adalah pendidikan. Kombinasi kriteria pasangan paling disukai adalah pendidikan S2, usia relatif sebaya, jenis pekerjaan PNS, lulusan pesantren dan beda suku. Hasil penelitian dengan metode pairwise comparison, kriteria pasangan yang paling dipertimbangkan adalah usia. Sedangkan kombinasi kriteria pasangan adalah usia relatif sebaya, pendidikan S2, jenis pekerjaan PNS, lulusan pesantren dan suku yang sama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Epha Diana Supandi, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: full profile; pairwise comparison; partner criteria
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Feb 2024 13:37
Last Modified: 07 Feb 2024 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum