PERILAKU SOSIAL JAMAAH PENGAJIAN RUTINAN DALAM MENGIKUTI KAJIAN ONLINE ( Studi Kasus Pada Platform Media Sosial Akun Youtube Gus Yusuf Channel )

Nabil Rasunada, NIM.: 18105040071 (2023) PERILAKU SOSIAL JAMAAH PENGAJIAN RUTINAN DALAM MENGIKUTI KAJIAN ONLINE ( Studi Kasus Pada Platform Media Sosial Akun Youtube Gus Yusuf Channel ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERILAKU SOSIAL JAMAAH PENGAJIAN RUTINAN DALAM MENGIKUTI KAJIAN ONLINE ( Studi Kasus Pada Platform Media Sosial Akun Youtube Gus Yusuf Channel ))
18105040071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU SOSIAL JAMAAH PENGAJIAN RUTINAN DALAM MENGIKUTI KAJIAN ONLINE ( Studi Kasus Pada Platform Media Sosial Akun Youtube Gus Yusuf Channel ))
18105040071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Era digital sekarang ini kita dihadapkan dengan kecanggihan media elektronik. Ditandai maraknya kecanggihan tersebut, dibalik para pendakwah agama membuat kajiannya lebih efisien karena dapat didengarkan dimana saja sering menjadi pro dan kontra kalangan masyarakat yang lebih memilih mengikuti pengajian dengan mendatangi kajiannya langsung. Mereka menyebutnya kajian secara langsung lebih memberikan keberkahan. Seseorang yang ingin mendapatkan keberkahan ilmu, maka harus memiliki keikhlasan dan kebersihan hati dalam menjalakan pembelajarannya, dalam kitab Ta’lim Muta’lim. Dari kajian penulis menfokuskan mengkaji salah satu akun media sosial yang sering mengadakan pengajian secara live streaming, yaitu akun Youtube Gus Yusuf Channel. Kajian ini menggunakan metode kualitatif, para jamaah yang menonton secara online dan offline menjadi objek penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren API Tegalrejo Magelang Media sosial kini menjadi alat baru dalam penyampaian ajaran-ajaran agama. Bagaimana era modernisasi ini kita dihadapkan dengan kemudahan mengakses konten-konten yang ada dimedia sosial. Jamaah pengajian yang biasanya mengikuti pengajian dengan menghadirinya secara langsung kini yang tidak sempat mendatanginya disuguhkan dengan konten live streaming. Sehingga peran media sosial sangat berpengaruh dalam keberlangsungan hidup beragama. Apalagi dalam studi kasus disini penulis mencoba menelaah dan mengamati jamaah online dan offline dari pengajian Gus Yusuf yang juga menyediakan channel Youtube Gus Yusuf Channel. Pola perilaku jamaah pengajian Gus Yusuf juga berbeda beda. Ada jamaah yang mengikutinya secara langsung, artinya dengan mendatangi pengajian rutinan diPondok Pesantren API Tegalrejo. Namun ada juga yang memanfaatkan media sosial dengan menonton live streaming yang disediakan diakun Youtube Gus Yusuf Channel. Kebanyakan dari mereka adalah jamaah yang tidak sempat mendatanginya dikarernakan kesibukan diera modern ini. Jamaah yang peneliti teliti disini yaitu kalangan santri, alumni santri dan masyarakat umum lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEmbimbing: Mahatva Yoga AP, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: media; perilaku; pengajian; pondok pesantren
Subjects: Sosiologi Agama
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 07 Feb 2024 14:00
Last Modified: 07 Feb 2024 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63556

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum