ANALISIS BUKU AL-LUGHAH AL-ARABIAH “PERINGKAT PENGAJIAN IBTIDAI KELAS IV” KARYA JAMAAH PENGARANG PERSATUAN MENYEDIAKAN BUKU DAN ALAT PENGAJIAN ISLAM. (Tinjauan dari Segi Kelayakan Isi, Kebahasaan, dan Kesusuaian level materi)

Mr. Sodeekeen Lakateb, NIM.: 16420036 (2023) ANALISIS BUKU AL-LUGHAH AL-ARABIAH “PERINGKAT PENGAJIAN IBTIDAI KELAS IV” KARYA JAMAAH PENGARANG PERSATUAN MENYEDIAKAN BUKU DAN ALAT PENGAJIAN ISLAM. (Tinjauan dari Segi Kelayakan Isi, Kebahasaan, dan Kesusuaian level materi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU AL-LUGHAH AL-ARABIAH “PERINGKAT PENGAJIAN IBTIDAI KELAS IV” KARYA JAMAAH PENGARANG PERSATUAN MENYEDIAKAN BUKU DAN ALAT PENGAJIAN ISLAM. (Tinjauan dari Segi Kelayakan Isi, Kebahasaan, dan Kesusuaian level materi))
16420036__BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU AL-LUGHAH AL-ARABIAH “PERINGKAT PENGAJIAN IBTIDAI KELAS IV” KARYA JAMAAH PENGARANG PERSATUAN MENYEDIAKAN BUKU DAN ALAT PENGAJIAN ISLAM. (Tinjauan dari Segi Kelayakan Isi, Kebahasaan, dan Kesusuaian level materi))
16420036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang apakah buku Al-lughah Al-arabiah Karya Jamaah pengarang persatuan menyediakan buku dan alat pengajian islam. layak untuk disajikan sebagai salah satu bahan ajar Bahasa Arab. Dengan kurikulum pengajian islam 2546 dan 2551 (2003 dan 2008) kementrian pelajaran Thailand. Oleh karena itu, peneliti menggunakan standar BSNP untuk menganalisis buku tersebut dari segi kelayakan isi, kebahasaan, dan kesesuaian level materi serta melihat beberapa ketidaklengkapan sajian Maharah dan Mufradat khusus pada babnya dan beberapa latihan soal yang dirasa cukup sulit untuk kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (library research) dengan objek penelitian buku ajar Al-lughah Al-arabiah Karya Jamaah pengarang persatuan menyediakan buku dan alat pengajian islam dengan pendekatan saintifik Kurikulum pengajian islam 2546 dan 2551 (2003 dan 2008) kementerian pelajaran Thailand. Sementara itu dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yang dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan terhadap sumber data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa buku teks ini sudah memenuhi kriteria standar penilaian kelayakan buku teks yang baik dari segi isi, kebahasaan dan kesesuaian level materi yang sesuai dengan standar penilaian kelayakan buku teks yang dirumuskan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Keruntutan dan keterpaduan alur perbab sudah bagus dan relevan. Sudah sesuai dengan alur kompetensi belajar kurikulum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj.R.Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: penilaian kelayakan buku; kurikulum; keterpaduan alur pikir; pebelajaran; peserta didik
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:18
Last Modified: 12 Feb 2024 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63582

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum