PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS TEKS NARASI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Savika Pulung Iswari, NIM.: 17104080013 (2023) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS TEKS NARASI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS TEKS NARASI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD)
17104080013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS TEKS NARASI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD)
17104080013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini meliputi dua hal. Permasalahan yang pertama yaitu bagaimana prosedur pengembangan Buku Panduan Menulis Teks Narasi Model Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N Balirejo dan yang kedua adalah bagaimana efektivitas Buku Panduan Menulis Teks Narasi Model Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N Balirejo. Penyusunan Buku Panduan Menulis Teks Narasi Model Think Talk Write (TTW) ini menggunakan model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahap yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi wawancara yang dilakukan bersama guru, analisis kebutuhan yang dilakukan kepada guru dan siswa dalam bentuk pemberian angket tertutup, penilaian ahli terhadap produk yang dikembangkan dalam bentuk angket validasi, dan hasil belajar yang didapatkan dari pretest dan posttest. Buku Panduan Menulis Teks Narasi Model Think Talk Write (TTW) yang telah disusun dan divalidasi oleh ahli kemudian diuji efektifitasnya menggunakan Paired Sample T-Test dan N-Gain. Uji Paired Sample T-Test dan N-Gain dilakukan setelah mendapatkan data hasil belajar pretest dan posttest dari penggunaan bahan ajar yang dikembangkan. Dari uji tersebut diperoleh data Paired Sample T-Test sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil pretest dan posttest. Selanjutnya uji N-Gain Score diperoleh rata-rata sebesar 0,6550 dan mendapatkan kategori efektifitas sedang dalam bentuk persen sebesar 65%. Persentase tersebut menunjukkan hasil bahwa produk yang dikembangkan cukup efektif untuk digunakan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; buku panduan menulis; teks narasi; kemapuan literasi;
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Feb 2024 09:06
Last Modified: 12 Feb 2024 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63590

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum