EKSPERIMENTASI METODE IMLA’ DALAM PENINGKATAN MAHARAH AL-KITABAH PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTS MA’ARIF NU SRUMBUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

Fhiskha Fauzia Tussyifa, NIM.: 17104020059 (2023) EKSPERIMENTASI METODE IMLA’ DALAM PENINGKATAN MAHARAH AL-KITABAH PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTS MA’ARIF NU SRUMBUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE IMLA’ DALAM PENINGKATAN MAHÂRAH AL-KITÂBAH PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTS MA’ARIF NU SRUMBUNG TAHUN AJARAN 2023/2024)
17104020059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE IMLA’ DALAM PENINGKATAN MAHÂRAH AL-KITÂBAH PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTS MA’ARIF NU SRUMBUNG TAHUN AJARAN 2023/2024)
17104020059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan eksperimen ini adalah untuk mengetahui kemampuan kemahiran menulis pada siswa serta untuk mengetahui pengaruh metode Imla’ dalam meningkatkan kemampuan menulis pada proses pembelajaran Bahasa Arab di kelas VII MTs Ma’arif NU Srumbung Magelang. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan yaitu kuantitatif dengan rancangan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII MTs Ma’arif NU Srumbung Magelang. Jumlah siswa kelas VII MTs Ma’arif Nu Srumbung adalah 49 siswa sebagai sampel dengan rincian sebagai kelas kontrol sekaligus sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian yang dilakukan di Mts Ma’arif NU Srumbung Magelang menunjukkan bahwa eksperimentasi metode imla’ berpengaruh dalam meningkatkan Mahârah al-Kitâbah pada proses pembelajaran Bahasa Arab dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil thitung > ttabel (6,304 > 1.677). Dengan demikian, dapat disimpulkan pembelajaran di kelas eksperimen dengan menerapkan metode imla’ mengalami peningkatan lebih signifikan dalam keterampilan menulis bahasa Arab dibandingkan pembelajaran di kelas kontrol yang tanpa menerapkan metode imla’.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Metode Imla’ , Mahârah Al-Kitabah, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Feb 2024 11:44
Last Modified: 12 Feb 2024 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63593

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum