EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI QUIZLET TERHADAP PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2022/2023

Kuni Tilawati, NIM.: 18104020089 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI QUIZLET TERHADAP PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI QUIZLET TERHADAP PENGUASAAN MUFRADA>T BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2022/2023)
18104020089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI QUIZLET TERHADAP PENGUASAAN MUFRADA>T BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 5 SLEMAN YOGYAKARTATAHUN AJARAN 2022/2023)
18104020089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penguasaan mufrada>t yang masih rendah dan minimnya optimalisasi penggunaan media pembelajaran bahasa Arab menjadi salah satu sebab output pembelajar bahasa Arab belum sebanding dengan peraturan pemerintah nomor 2 tahun 2008 tentang standar isi dan SKL Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan (treatment) yaitu berupa penggunaan aplikasi quizlet. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen berupa Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Negri 5 Sleman. Adapun sampelnya yaitu kelas VIII A sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode eksperimen, observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Adapun aplikasi olah data penelitian ini menggunakan aplikasi software SPSS 29. Hasil penelitian berdasarkan aplikasi olah data dalam penelitian ini menggunakan uji T pada kelas eksperimen pada sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (treatment) berupa penggunaan aplikasi quizlet menunjukan bahwa uji t nilai posttest didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat peningkatan sehingga ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen. Adapun faktor pendukung media pembelajaran Quizlet yaitu aplikasi quizlet yang dapat diakses dengan mudah melalui web tanpa diunduh terlebih dahulu. Selain itu, fitur dalam aplikasi Quizlet yang mudah diakses dan materi pembelajaran yang dapat disertai dengan gambar membuat pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan serta memudahkan peserta didik dalam menghafal dan mengingat kosakata bahasa Arab. Sedangkan untuk faktor penghambat dalam penggunaan media Quizlet jaringan internet yang tidak stabil dan pemaparan materi dari guru terlalu cepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Quizlet; Mufradat Bahasa Arab; Media Pembelajaran; Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Feb 2024 08:45
Last Modified: 13 Feb 2024 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63612

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum