ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH MENURUT TEORI GEORGE POLYA DI KELAS V SD NEGERI DELEGAN 2 PRAMBANAN SLEMAN

Lisa Tri Utami, NIM: 18104080056 (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH MENURUT TEORI GEORGE POLYA DI KELAS V SD NEGERI DELEGAN 2 PRAMBANAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH MENURUT TEORI GEORGE POLYA DI KELAS V SD NEGERI DELEGAN 2 PRAMBANAN SLEMAN)
18104080056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH MENURUT TEORI GEORGE POLYA DI KELAS V SD NEGERI DELEGAN 2 PRAMBANAN SLEMAN)
18104080056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Hal-hal yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu ditemukannya permasalahan yang ada pada siswa berupa gejala kesulitan belajar. Gejala kesulitan belajar siswa antara lain siswa kesulitan dalam memahami soal cerita dan siswa lamban dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan cacah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung bilangan cacah menurut teori George Polya di kelas V SD Negeri Delegan 2 dan mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung bilang cacah di kelas V SD Negeri Delegan 2. Jenis penelitian ini adalah peneltian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Tes terdiri dari 8 soal cerita yang dikerjakan oleh semua siswa kelas V SD Negeri Delegan 2 yang berjumlah 23 siswa. Tes dibagi menjadi 2 tahap yaitu tahap pertama untuk soal nomor 1 sampai 4 dan tahap kedua untuk soal nomor 5 sampai 8. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis data model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat kesulitan yang dialami oleh siswa yaitu kesulitan memahami masalah sebanyak 13 siswa, kesulitan membuat rencana sebanyak 15 siswa, kesulitan melaksanakan rencana sebanyak 21 siswa, dan kesulitan memeriksa ulang jawaban sebanyak 23 siswa. Sedangkan faktor penyebab kesulitan siswa yaitu belum lancar membaca, tidak memahami masalah dalam soal cerita, kurangnya keterampilan operasi aritmatika, dan kurangnya keterampilan perkalian 1 sampai 10.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar; Teori George Polya; berhitung
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Feb 2024 08:51
Last Modified: 13 Feb 2024 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63626

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum