ANALISIS MATERI BUKU AL-’ARABIYYAH BAINA YADAIK JILID 1 PERSPEKTIF KURIKULUM MERDEKA PADA JENJANG PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH

Datu Muammar Azis, NIM.: 19104020055 (2023) ANALISIS MATERI BUKU AL-’ARABIYYAH BAINA YADAIK JILID 1 PERSPEKTIF KURIKULUM MERDEKA PADA JENJANG PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MATERI BUKU AL-’ARABIYYAH BAINA YADAIK JILID 1 PERSPEKTIF KURIKULUM MERDEKA PADA JENJANG PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH)
19104020055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MATERI BUKU AL-’ARABIYYAH BAINA YADAIK JILID 1 PERSPEKTIF KURIKULUM MERDEKA PADA JENJANG PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH)
19104020055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Datu Muammar Azis. Analisis Materi Buku “ l- Arabiyyah Baina Yadaik” Jilid 1 Dari Perspektif Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Pendidikan Madrasah Tsanawiyah. Skripsi. Program Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yoyakarta, 2023. . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian dan tingkat kesesuaian materi pada buku l- Arabiyyah Baina Yadaik Jilid 1 dengan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka pada jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah serta kelebihan dan kekurang buku dari perspektif Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan studi pustaka (library reaserch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah kesesuaian materi pada buku l- Arabiyyah Baina Yadaik Jilid 1. kelebihan serta kekurangannya dari perspektif Kurikulum Merdeka. Sumber data dari penelitian ini adalah buku l- Arabiyyah Baina Yadaik Jilid 1. Kurikulum Merdeka dan berbagai artikel serta jurnal yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa materi l- Arabiyyah Baina Yadaik Jilid 1 memiliki presentase kesesuaian sebesar 75% dengan capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah dengan predikat “sesuai”. Kelebihan buku ini adalah materi lebih luas, kaya akan latihan bagi siswa diantaranya menggunakan teks asli Al-Qur”an dan hadis beserta kunci jawabannya, menyediakan kosa tambahan dan dilengkapi audio. Adapun kekurangannya yaitu: belum memuat seluruh materi dalam Capaian pembelajaran dan kurangnya penjelasan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. R. Umi Baroroh, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Analisis, L- Arabiyyah Baina Yadaik, Kurikulum Merdeka, Materi Ajar
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Feb 2024 10:32
Last Modified: 13 Feb 2024 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum