PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY PUZZLE BERBASIS INTEGRASI ISLAM SAINS PADA MATERI MINYAK BUMI

Ilma Amalia, NIM.: 20104060039 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY PUZZLE BERBASIS INTEGRASI ISLAM SAINS PADA MATERI MINYAK BUMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY PUZZLE BERBASIS INTEGRASI ISLAM SAINS PADA MATERI MINYAK BUMI)
20104060039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY PUZZLE BERBASIS INTEGRASI ISLAM SAINS PADA MATERI MINYAK BUMI)
20104060039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengintegrasian ilmu islam dan sains dapat menunjukkan beberapa kualitas dalam diri peserta didik, seperti kedisiplinan, keimanan, kejujuran dan lain sebagainya. Namun, nyatanya masih banyak ditemukan kurangnya kemampuan guru dan pengembangan media pembelajaran yang memadukan antara ilmu agama dan sains, khususnya pembelajaran kimia dengan konsep yang menyenangkan. Materi kimia yang erat hubungannya dengan kejadian alam adalah materi minyak bumi. Minyak bumi merupakan materi yang berupa teori serta fakta-fakta, suatu materi pembelajaran yang bersifat teori akan cepat terlupakan oleh peserta didik dikarenakan kebanyakan guru menyampaikan teori hanya melalui metode ceramah. Dalam pembelajaran seperti ini guru harus bisa menciptakan atau menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media pembelajaran chemistry puzzle berbasis integrasi islam sains pada materi minyak bumi. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar penilaian produk. Produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta dinilai oleh tiga reviwer (pendidik kimia SMA/MA) dan direspon siswa kelas XI MIPA di Madrasah Aliyah. Validasi dan penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk akhir dari pengembangan ini adalah media pembelajaran chemistry puzzle berbasis integrasi islam sains pada materi minyak bumi. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media dinilai sangat valid, sedangkan hasil penilaian dari reviewer memperoleh hasil penilaian keseluruhan produk sebesar 92,6% dengan kategori sangat baik. Produk mendapatkan respon positif dari peserta didik dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hal tersebut, media hasil pengembangan layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Setia Rahmawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Chemistry Puzzle, Integrasi Islam Sains, Kimia, Media Pembelajaran, Minyak Bumi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Feb 2024 11:13
Last Modified: 13 Feb 2024 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63641

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum