TATHWIR AL MAWWAD AT TA'LIMYYAH LIDARSIL LUGHOH AL ARABIYYAH LI ASHOFFI ATSANI 'ASYAR 'ALA ASAS AL QUR'ANIL KARIM FI MADRASATI MA'ARIF DAR AS SHOLIHIN BI SUMBERADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

Aminor, NIM.: 21204022018 (2024) TATHWIR AL MAWWAD AT TA'LIMYYAH LIDARSIL LUGHOH AL ARABIYYAH LI ASHOFFI ATSANI 'ASYAR 'ALA ASAS AL QUR'ANIL KARIM FI MADRASATI MA'ARIF DAR AS SHOLIHIN BI SUMBERADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TATHWIR AL MAWWAD AT TA'LIMYYAH LIDARSIL LUGHOH AL ARABIYYAH LI ASHOFFI ATSANI 'ASYAR 'ALA ASAS AL QUR'ANIL KARIM FI MADRASATI MA'ARIF DAR AS SHOLIHIN BI SUMBERADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA)
21204022018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TATHWIR AL MAWWAD AT TA'LIMYYAH LIDARSIL LUGHOH AL ARABIYYAH LI ASHOFFI ATSANI 'ASYAR 'ALA ASAS AL QUR'ANIL KARIM FI MADRASATI MA'ARIF DAR AS SHOLIHIN BI SUMBERADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA)
21204022018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Materi ajar bahasa Arab kelas XII berbasis Al-Qur’an yang dikembangkan di MA Maarif Darussholihin Sumberadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. (2) Skor kelayakan materi ajar bahasa Arab kelas XII berbasis Al- Qur’an di MA Maarif Darussholihin Sumberadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. (3) Umpan balik dari guru bahasa Arab dan siswa terhadap materi ajar yang dikembangkan di MA Maarif Darussholihin Sumberadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk kategori penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Penerapan, Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Materi ajar bahasa Arab yang telah dikembangkan untuk kelas XII berbasis Al-Qur’an ini berbentuk rekaman audio. (2) Materi ajar bahasa Arab kelas XII berbasis Al-Qur’an layak untuk diajarkan, karena telah teruji keabsahannya oleh ahli materi dengan skor 4,8 pada skala 5.0 dan ahli media dengan skor 4,5 pada skala 5.0. (3). Umpan balik dari guru dan siswa terhadap materi ajar bahasa Arab berbasis Al-Qur’an untuk kelas XII memperoleh kategori baik setelah dilakukan penilaian sehingga materi ajar yang telah dikembangkan mampu menumbuhkan kecintaan siswa terhadap Al-Qur'an dan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M. Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Materi Ajar, Bahasa Arab, Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Feb 2024 09:04
Last Modified: 13 Feb 2024 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63659

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum