PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PPT DAN VIDEO BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS XI DI SMA SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Aqila Fadilahaya, NIM.: 19104010119 (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PPT DAN VIDEO BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS XI DI SMA SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PPT DAN VIDEO BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS XI DI SMA SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
19104010119_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PPT DAN VIDEO BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS XI DI SMA SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
19104010119_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah seiring berkembangnya zaman menuntut sebuah sekolah untuk melakukan pembaharuan dalam sistem pembelajaran. Salah satunya adalah media pembelajaran yang bermula konvensional menjadi digital dengan memanfaatkan media pembelajaran PPT dan video berbasis proyek. Penerapan media tersebut membawa dampak positif pada peserta didik dan hal tersebut membuat peneliti ingin mengetahui bagaimana praktek dan hasil dari penggunaan media pembelajaran digital tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktek dan hasil dari penerapan media pembelajaran digital PPT dan video berbasis project based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan dengan menggunakan pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni, analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 1). Praktek pelaksanaan pembelajaran menggunakan media digital PPT berbasis proyek meliputi, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan modul ajar. Kemudian pembukaan pembelajaran dengan pertanyaan menarik, lalu guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok, peserta didik diberikan tugas project based learning membuat PPT secara berkelompok sesuai dengan materi yang telah dibagikan. Setelah itu, dilanjutkan dengan presentasi dan tanya jawab antar kelompok, kemudian penilaian secara essay. Adapun penggunaan media pembelajaran video setelah penilaian selesai dengan menampilkan video yang sesuai dengan materi yang bertujuan sebagai ice breaking. Terahir evaluasi pembelajaran. 2). Analisis hasil penerapan media pembelajaran digital PPT dan video dalam mata pelajaran PAI di SMA Sains Al-Qur’an meningkatkan hasil belajar peserta didik, dibuktikan dengan hasil penilaian essay yang meningkat dengan rata-rata 94,8. Hal tersebut didukung dengan adanya beberapa faktor seperti media pembelajaran yang terpenuhi, tersedia fasilitas belajar seperti Wi-Fi, digital library, kurikulum yang sesuai, serta kemampuan pendidik yang sangat baik dalam penguasaan media pembelajaran digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; Project Based Learning; Hasil Belajar PAI; media power point
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Feb 2024 13:49
Last Modified: 16 Feb 2024 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63769

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum