PENGEMBANGAN MINI BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ELEMEN QIRA’AH PADA SISWA KELAS VIII MTsN 4 WONOGIRI JAWA TENGAH

Sylvia Tuti Citra Faradilla, NIM.: 19104020056 (2023) PENGEMBANGAN MINI BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ELEMEN QIRA’AH PADA SISWA KELAS VIII MTsN 4 WONOGIRI JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MINI BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ELEMEN QIRA’AH PADA SISWA KELAS VIII MTsN 4 WONOGIRI JAWA TENGAH)
19104020056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MINI BOOKLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ELEMEN QIRA’AH PADA SISWA KELAS VIII MTsN 4 WONOGIRI JAWA TENGAH)
19104020056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu hal yang harus diwujudkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah pengembangan media pembelajaran. Adanya pembelajaran yang cenderung monoton menjadi dasar penelitian ini dengan upaya mengembangkan media pembelajaran qira’ah dalam pembelajaran Bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Mini Booklet, mengetahui proses pengembangan media Mini Booklet, mengetahui kelayakan Mini Booklet, dan mengetahui respon siswa terhadap media Mini Booklet dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas VIII di MTsN 4 Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Sugiyono. Penelitian dan pengembangan ini hanya mengambil 8 langkah dari keseluruhan 10 langkah pengembangan. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah angket validasi ahli materi dan angket validasi ahli media sebagai instrumen uji kelayakan, serta angket respon siswa untuk mengetahui tingkat kemenarikan media. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan meliputi berbagai tahapan dimulai dari tahap identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian atau uji coba lapangan. Uji coba pemakaian produk dilakukan pada 33 siswa kelas VIII MTsN 4 Wonogiri. Merujuk pada hasil validasi dari kedua validator, media pembelajaran yang telah direvisi berada pada kategori layak. Hal tersebut didasarkan pada penilaian ahli media dengan skor presentase ideal 72% dan ahli materi dengan skor presentase ideal 84%. Sedangkan respon siswa terhadap tingkat kemenarikan media pembelajaran berada pada kategori sangat menarik dengan memperoleh skor presentase ideal 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; Qira’ah; Mini Booklet
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Feb 2024 13:53
Last Modified: 16 Feb 2024 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63771

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum