PEMBELAJARAN KITAB KUNING SEBAGAI PENGUATAN MAHARAH AL-QIRA'AH (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VI SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Muntilan Magelang Tahun Ajaran 2022/2023)

Ayu Salwa Naziyatun Najah, NIM.: 19104020076 (2023) PEMBELAJARAN KITAB KUNING SEBAGAI PENGUATAN MAHARAH AL-QIRA'AH (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VI SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Muntilan Magelang Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN KITAB KUNING SEBAGAI PENGUATAN MAHĀRAH AL-QIRĀ'AH (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VI SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Muntilan Magelang Tahun Ajaran 2022/2023))
19104020076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN KITAB KUNING SEBAGAI PENGUATAN MAHĀRAH AL-QIRĀ'AH (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VI SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Muntilan Magelang Tahun Ajaran 2022/2023))
19104020076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan peneliti terhadap pembelajaran kitab kuning yang sudah diajarkan pada lembaga pendidikan formal tingkat SD, sebagaimana yang terjadi di kelas VI SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Muntilan Magelang. Oleh sebab itu, tujuan penelitian adalah (1) Mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran kitab kuning pada siswa kelas VI SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Muntilan Magelang; (2) Mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tersebut; dan (3) mengetahui solusi dari faktor penghambat dalam pembelajaran kitab kuning tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah field research (penelitian lapangan). Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pengajar kitab kuning, dan siswa-siswi kelas VI SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Muntilan Magelang. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut(1) Implementasi pembelajaran kitab kuning pada siswa kelas VI SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Muntilan Magelang meliputi beberapa rangkaian dan proses yaitu(a) Merencanakan persiapan baik dari segi guru maupun siswa, (b) Menyampaikan materi, (c) Menggunakan metode dan media pembelajaran, (d) Melakukan evaluasi pembelajaran. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran kitab kuning pada siswa kelas VI diantaranyaAdanya pembelajaran penulisan imla’ dan sudah mulai belajar pegon di bangku kelas V, sedangkan faktor penghambatnya diantaranya: Waktu pembelajaran disiang hari yang membuat beberapa peserta didik mengantuk hingga tertidur. (3) Solusi dari beberapa faktor penghambat dalam pembelajaran kuning pada siswa kelas VI SD Terpadu Ma’arif Gunungpring diantaranya(a) Solusi dari kepala sekolah yaitu guru membuat pelajaran yang tidak monoton dengan banyak hal seperti model pembelajaran dibuat variatif dengan tidak harus berada dikelas terus, bias di mushola atau perpustakaan, guru bisa menggunakan media pembelajaran seperti LCD untuk menghilangkan kejenuhan. (b) Solusi dari guru yaitu bapak ibu guru diharapkan dapat mencairkan suasana didalam kelas dengan ice breaking dan beberapa game dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kitab Kunin; Mahֿarah Al-Qirֿa’ah; tenaga pendidik
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2024 08:20
Last Modified: 20 Feb 2024 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63772

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum