IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MI MIFTAHUL ULUM 1 TEGALDLIMO BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2022/2023

Nely Rosyidah, NIM.: 19104020084 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MI MIFTAHUL ULUM 1 TEGALDLIMO BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MI MIFTAHUL ULUM 1 TEGALDLIMO BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MI MIFTAHUL ULUM 1 TEGALDLIMO BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan baru dalam dunia pendidikan yaitu program merdeka belajar. Merdeka belajar adalah suatu skema dalam pendidikan dengan mengutamakan kebebasan baik bagi pendidik ataupun peserta didik. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran bahasa Arab Kelas IV di MI Miftahul Ulum I Tegaldlimo Banyuwangi, serta untuk mengetahui apa saja yang menjadi problematika dalam implementasi kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran Bahasa Arab serta bagaimana solusi dalam menyelesaikan problematika tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, guru bahasa Arab kelas IV, kepala madrasah dan waka kurikulum. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data diaalisis melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran bahasa Arab kelas IV di MI Miftahul Ulum I Tegaldlimo Banyuwangi sudah berjalan cukup baik yang meliputi tiga hal yaitu dalam a) Perencanaan meliputi; Persiapan madrasah, penyusunan KOM, modul ajar dan modul projek, b) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi proses dan pembelajaran berbasis proyek dalam kegiatan P5RA dan c) penilaian menggunakan asesmen formatif dan sumatif. 2) Problematika yang dihadapi yaitu pemahaman guru yang masih terbatas terkait kurikulum merdeka, kurangnya sumber belajar bahasa Arab dalam implementasi kurikulum merdeka dan masih terbatasnya contoh implementasi kurikulum merdeka dalam mata pelajaran bahasa Arab. 3) Solusi pemecahan problematika yaitu dibentuk KKG (Kelompok Kerja Guru), mengadakan Workhop pelatihan, pendampingan PMO (Project Management Office), dan memperbanyak pelatihan dan mencari sumber belaajar terkait implementasi kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaraaan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurhapsari Pradnya Paramita, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka Belajar; Bahasa Arab; perencanaan pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2024 08:23
Last Modified: 20 Feb 2024 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63773

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum