UPAYA IBU PEKERJA DAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 4-6 TAHUN (Studi Kasus di Perum Tugu Asri Tengaran)

Srikanthi Indriyani, NIM.: 19104030059 (2023) UPAYA IBU PEKERJA DAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 4-6 TAHUN (Studi Kasus di Perum Tugu Asri Tengaran). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA IBU PEKERJA DAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 4-6 TAHUN (Studi Kasus di Perum Tugu Asri Tengaran))
19104030059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA IBU PEKERJA DAN IBU RUMAH TANGGA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 4-6 TAHUN (Studi Kasus di Perum Tugu Asri Tengaran))
19104030059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa adalah aspek perkembangan yang memiliki peran penting dalam kehidupan anak usia dini agar terciptanya komunikasi yang efektif. Kemampuan bahasa anak dipengaruhi oleh faktor kondisi fisik, kognitif, lingkungan, dan jenis kelamin. Sosok ibu berperan penting dalam proses mengembangkan bahasa anak. Pada saat ini status ibu terbagi menjadi ibu pekerja dan ibu rumah tangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui perkembangan bahasa anak dari ibu pekerja. (2) Mengetahui perkembangan bahasa anak dari ibu rumah tangga. (3) Mengetahui upaya ibu pekerja dan ibu rumah tangga dalam mengembangkan bahasa anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 2 ibu pekerja dan 2 ibu rumah tangga yang memiliki anak usia 4-6 tahun. Adapun teknik pengumpulan data yaitu: (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, (3) Penarikan Kesimpulan. Serta dalam uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perkembangan bahasa anak dari ibu pekerja memiliki kemampuan berbahasa sesuai dengan usianya, dimana pada prosesnya dipengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga yang melibatkan anggota keluarga inti dan anggota keluarga besar serta teman sebaya. (2) Perkembangan bahasa anak dari ibu rumah tangga juga sama memiliki kemampuan berbahasa sesuai dengan usianya, pada prosesnya dipengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga. (3) Adapun upaya yang dilakukan pada ibu pekerja dan ibu rumah tangga yaitu memanajemen waktu, memberikan fasilitas untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dan kegiatan yang menunjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fahrunnisa, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: bahasa anak; Ibu; Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2024 08:30
Last Modified: 20 Feb 2024 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63802

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum