PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU BERBASIS KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN

Nur Lailatun Ni’mah, NIM.: 19104050036 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU BERBASIS KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU BERBASIS KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN)
19104050036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU BERBASIS KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN)
19104050036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Buku Saku Fisika sebagai bahan ajar pada materi pencemaran lingkungan, mengetahui kelayakan Buku Saku Fisika pada materi pencemaran lingkungan, mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Buku Saku Fisika sebagai bahan ajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan model 4D yang terdiri dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Dessiminate (Penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Develop yaitu uji coba luas. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi media, materi, lembar penilaian materi dan media, penilaian guru dan respon siswa. Penilaian validasi produk dalam penelitian ini menggunakan skala Aiken’s V dengan 3 skala, penilaian produk menggunakan skala likert dengan 4 skala dan respon siswa menggunakan skala guttman dengan 2 skala. Penelitian ini menghasilkan Buku Saku Fisika pada materi pencemaran lingkungan dengan kriteria sangat baik (SB), berdasarkan penilaian ahli materi 3,64; ahli media 3,65; dan guru 3,97. Respon siswa terhadap Buku Saku pada uji coba terbatas memperoleh kriteria setuju (S) dengan rerata skor 0,96 dan pada uji coba luas diperoleh kriteria setuju (S) dengan rerata skor 0,98. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Buku Saku layak digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; smartphone; pencemaran lingkungan; Penelitian Pengembangan (R&D).
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Feb 2024 14:31
Last Modified: 21 Feb 2024 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63829

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum