PENGEMBANGAN ALAT PERAGA 3D “SILIPUT” PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIMETRI LIPAT DAN SIMETRI PUTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD/MI

Tiya Cahyani Dewi, NIM.: 19104080004 (2023) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA 3D “SILIPUT” PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIMETRI LIPAT DAN SIMETRI PUTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA 3D “SILIPUT” PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIMETRI LIPAT DAN SIMETRI PUTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD/MI)
19104080004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA 3D “SILIPUT” PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIMETRI LIPAT DAN SIMETRI PUTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III SD/MI)
19104080004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa sekolah dasar di kelas III pada pembelajaran matematika dalam pemahaman konsep yang abstrak, hal tersebut dikarenakan kurangnya pengalaman pembelajaran sehingga pendalaman materi terbatas dengan waktu yang singkat serta penggunaan media pembelajaran yang tidak tepat. Hal ini membuat kemampuan berfikirnya masih pada tahap oprasional konkret berdasarkan objek-objek sehingga membutuhkan media atau alat bantu dalam proses pemahamannnya. Tujuan dari penelitian ini yakni : 1. Untuk mengetahui kelayakan alat peraga 3D “SILIPUT” menurut para ahli media dan ahli materi, 2. Untuk mengetahui kepraktisan alat peraga 3D “SILIPUT” bagi praktisi atau guru dan respon siswa, 3. Untuk mengetahui keefektifan pada penggunaan alat peraga 3D “SILIPUT”dalam uji terbatas terhadap peningkatan hasil belajar siswa dari soal pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiaragarajan terdiri dari tahapan define, design, development dan dissemination. Penelitian ini dilakukan di SD Masjid Syuhada Yogyakarta dengan subjek siswa kelas IIIB sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Karakteristik produk alat peraga merupakan alat bantu proses pembelajaran yang menyajikan bangun datar dengan tampilan 3 dimensi yang mana dapat membantu memvisualkan konsep simetri dengan cara dilipat dan diputar dalam proses pendemonstrasiannya. (2). Kelayakan alat peraga menurut ahli media menunjukkan nilai rata-rata 4,6 termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan menunjukkan nilai presentase 93%. Sedangkan menurut ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 4 termasuk dalam xiii kategori “baik” dengan menunjukkan nilai presentase 80%. (3) hasil respon dari praktisi atau guru kelas 3B mendapatkan srespon positif dengan rata-rata 4,5 dan presentase 89,50% dalam kategori “sangat baik”. Serta pada hasil respon dari 25 siswa menunjukkan kategori “sangat baik” dengan nilai rata-rata 6,74 dan presentase positif 96,57%. (4) hasil keefektifan alat peraga dalam uji terbatas dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi simetri lipat dan simetri putar dikatakan efektif. Berdasarkan pada hasil analisis yang menunjukan bahwa nilai rerata pre-test adalah 35.60 dan post-test menghasilkan nilai rata-rata 75.20. Pengaruh tersebut terbukti dari hasil uji hipotesis dengan uji t yang memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < nilai taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: alat peraga; hasil belajar; 3D SILIPUT.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:47
Last Modified: 22 Feb 2024 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63845

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum