PENGARUH PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP)

Sri Antari, NIM.: 19104080032 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP))
19104080032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP))
19104080032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara nyata bagaimana pengaruh pembelajaran outdoor learning terhadap kreativitas siswa kelas III dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP). Hasil perbedaan dari kedua pembelajaran penelitian ini diharapkan dapat menjadikan bahan informasi yang bermanfaat bagi pihak terkait khusunya pelaksana pendidikan yang mengajar dilapangan secara langsung untuk mengadakan kegiatan pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa sehingga nantinya siswa dapat mengembangkan baik dalam aspek konigtif, afektif dan psikomotorik secara bersamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian metode eksperimen dengan jenis one group design. Penggunaan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah kelas indoor 23 siswa di MI Roudlotul Qur’an dan kelas outdoor 23 siswa di SD N 3 Tlogowatu. Adapun sampel yang digunakan untuk memvalidasi instrumen penelitian berjumlah 30 siswa dengan sama-sama siswa kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan melakukan observasi seni menggambar dekoratif siswa yang dilakukan baik di indoor maupun outdoor dalam buku tematik kurikulum 2013 materi tema 7 subtema 3 pembelajaran 1 tentang membuat karya seni dekoratif menggambar motif realis. Pengambilan data dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Hasil dari data yang diperoleh diujikan menggunakan bantuan SPSS Versi 25 for Windows menggunakan uji prasyarat dan uji homogenitas. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Pengujian penelitian ini diperoleh nilai kreativitas siswa yang melaksanakan pembelajaran di outdoor learning lebih unggul dengan rerata nilai sebesar 47.65 sedangkan siswa belajar di indoor rata-rata kreativitasnya sebesar 28,09. Dari hasil yang didapatkan dengan uji Independent Sample t test juga menunjukkan t hitung lebih besar daripada t tabel (tabel (t hitung > t tabel = 2,553 > 1,714) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Selain nilai dilihat dari ketentuan t hitung, dapat juga dilihat nilai probabilitas Sig. (2 tailed) dimana 0,60 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: indoor learning; outdoor learning; kreativitas siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 09:04
Last Modified: 22 Feb 2024 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63848

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum