PERAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DALAM MEMBENTUK SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS 3 DI MIS YAPPI BANSARI GUNUNGKIDUL

Naily Yumna, NIM.: 19104080077 (2023) PERAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DALAM MEMBENTUK SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS 3 DI MIS YAPPI BANSARI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DALAM MEMBENTUK SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS 3 DI MIS YAPPI BANSARI GUNUNGKIDUL)
19104080077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DALAM MEMBENTUK SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS 3 DI MIS YAPPI BANSARI GUNUNGKIDUL)
19104080077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Percaya diri merupakan sikap yakin dengan kemampuan dan potensi pada diri sendiri guna memenuhi kebututhan hidupnya tanpa mudah terpengaruh oleh orang lain. Seseorang yang memiliki kepercayaan diri akan memiliki harapan yang realistis dan berpikir positif ketika tujuannya belum tercapai. Begitupun sebaliknya, kurangnya kepercayaan diri menjadikan seseorang untuk berpikir pesimis, bergantung pada orang lain dan cenderumg memiliki sikap negatif. Sikap percaya menjadi salah satu aspek yang perlu dimiliki oleh setiap individu terutama siswa. Ekstrakurikuler seni tari menjadi salah satu kegiatan di sekolah yang mengupayakan terbentuknya sikap percaya diri pada siswa sebagaimana di MIS YAPPI Bansari Gunungkidul. Adapun tujuan dalam penelitian ini meliputi untuk mengetahui peran ekstrakurikuler seni tari dalam membentuk sikap percaya diri pada siswa MIS YAPPI Bansari Gunungkidul dan untuk mengetahui hasil sikap percaya diri yang tertanam melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MIS YAPPI Bansari Gunungkidul. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru pendamping, pelatih dan siswa kelas 3 yang mengikuti ekstrakurikuler seni tari. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah model Miles and Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tekhnik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Berdasarkan hasil peneltian menunjukkan bahwa: Ekstrakurikuler seni tari berperan dalam membentuk sikap percaya diri siswa yang terbukti dengan siswa mampu menghayati tarian melalui perasaannya, meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi, mengembangkan bakat dan kreativitas yang dimilikinya. Ekstrakurikuler seni tari juga mampu menanamkan sikap percaya diri yang mengacu pada indikator Kemendikbud terkait sikap percaya diri siswa sehingga siswa mampu melakukan kegiatan tanpa ragu, berani membuat keputusan secara cepat, tidak canggung dalam bertindak, tidak mudah putus asa, berani tampil di depan dan berani bertanya, berpendapat ataupun menjawab pertanyaan. Sikap percaya diri di MIS YAPPI Bansari Gunungkidul terbentuk melalui ekstrakurikuler seni tari karena kegiatan tersebut berlangsung dengan efektif, terstruktur dengan baik dan antusias siswa untuk aktif selama kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Alfian Eko Widodo, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler; seni tari; percaya diri
Subjects: Kesenian
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 09:26
Last Modified: 22 Feb 2024 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63851

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum