PENGARUH TATA RUANG KANTOR DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Lailaturrohmah Fadhilah, NIM.: 19104090004 (2023) PENGARUH TATA RUANG KANTOR DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TATA RUANG KANTOR DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
19104090004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TATA RUANG KANTOR DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
19104090004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tata ruang kantor dan fasilitas kerja yang termasuk dalam lingkungan kerja, yang mana lingkungan kerja merupakan salah satu faktor penyebab tinggi dan rendahnya kepuasan kerja guru. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui hubungan antar variabel independen berupa tata ruang kantor dan fasilitas kerja terhadap variabel dependen yakni kepuasan kerja guru. Penelitian ini dilakukan kepada guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dengan populasi sebesar 569 guru dan penarikan sampel menggunakan metode probability sampling dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan yang diizinkan sebesar 5%, sehingga didapatkan sampel sebanyak 235 guru. Kemudian, penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner kepada guru sebagai data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisi korelasis dan analisis regresi linear berganda yang diolah dengan aplikasi IBM SPSS (Statistical Product and Social Science) versi 25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) tata ruang kantor berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan kerja berdasarkan nilai signifikansi uji F pada regresi sederhana sebesar 0,000 < 0,05 (2) fasilitas kerja berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan kerja berdasarkan nilai signifikansi uji F pada regresi sederhana sebesar 0,000 < 0,05 (3) tata ruang kantor dan fasilitas kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja berdasarkan nilai signifikansi uji F regresi berganda 0,000 < 0,05 dan F hitung 87.351 > F tabel 3,035. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan jika tata ruang kantor dan fasilitas kerja tersedia dengan baik, maka akan meningkatkan kepuasan kerja guru MI di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nora Saiva Jannana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tata ruang kantor; fasilitas kerja; kerja guru; lembaga pendidikan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2024 09:29
Last Modified: 22 Feb 2024 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63852

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum