PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM

Wicahni Ramadanti, NIM.: 20104060047 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM)
20104060047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI STRUKTUR ATOM)
20104060047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Materi pembelajaran yang abstrak dan kompleks apabila menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat (monoton) dapat mengakibatkan motivasi belajar menurun dan hasil belajar yang kurang optimal. Hal tersebut dapat disebabkan oleh peserta didik yang merasa bosan dan jenuh dalam menerima pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi struktur atom. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent pretest posttest control group design. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Sleman tahun pelajaran 2023/2024 menggunakan dua sampel penelitian yaitu kelas XC sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner motivasi belajar dan soal tes. Teknik analisis data motivasi belajar dan hasil belajar yang digunakan adalah uji Mann Whitney dengan masing-masing nilai sig. sebesar 0,045 dan 0,000 atau < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi struktur atom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; Make A match; hasil belajar; motivasi belajar; Struktur Atom
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Feb 2024 14:09
Last Modified: 23 Feb 2024 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/63982

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum