PERAWATAN BAHAN PUSTAKA DI LABORATORIUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Ahmad Raharjo, NIM.: 07130016 (2010) PERAWATAN BAHAN PUSTAKA DI LABORATORIUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAWATAN BAHAN PUSTAKA DI LABORATORIUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAWATAN BAHAN PUSTAKA DI LABORATORIUM PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Laboratorium Perpustakaan Fakultas Adab Dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan salah satu perpustakaan yang memiliki banyak koleksi. Untuk melestarikan koleksi yang dimiliki oleh Laboratorium Perpustakaan Fakultas Adab Dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, pihak pengelola melakukan berbagai langkah untuk mengurangi faktor-faktor kerusakan koleksi, baik yang dari dalam koleksi itu sendiri ataupun dari luar koleksi. Pelestarian koleksi yang dimiliki sebuah perpustakaan dan museum, merupakan hal yang sangat urgen. Karena jika koleksi yang dimiliki perpustakaan dan museum rusak dimakan waktu dan umur secara otomatis koleksi keduanya akan hilang dan tak ada lagi bekasnya. Untuk mencegah rusak dan hilangnya koleksi, maka dilakukanlah pelestarian koleksi yang dilakukan dengan tiga cara, yaitu preservation, conservation dan restoration. Tugas akhir ini merupakan laporan praktik kerja lapangan penulis pada Laboratorium Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam laporan praktik kerja lapangan ini, penulis mengkhususkan pembahasan pada pelestarian koleksi milik Laboratorium Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data pada laporan praktik kerja lapangan ini penulis menggunakan metode interview, observasi langsung pada koleksi, dan dokumentasi sebagai bukti bahwa penulis benar-benar telah melakukan observasi dan pelestarian secara langsung pada koleksi Laboratorium Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil laporan praktik lapangan ini menunjukkan bahwa kondisi koleksi Laboratorium Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta belum benar-benar mendapat pelestarian secara serius. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi untuk suksesnya sebuah proses pelestarian koleksi perpustakaan, baik itu faktor dari koleksi itu sendiri maupun faktor dari luar koleksi, seperti faktor fisika, faktor biologis, dan faktor manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Marwiyah, S.Ag., SS., MLIS
Uncontrolled Keywords: Bahan Perpustakaan, Koleksi Perpustakaan, Pelestarian Bahan Pustaka
Subjects: Perpustakaan > Pelestarian Koleksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Feb 2024 13:51
Last Modified: 23 Feb 2024 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64015

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum