EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE FOLLOW THE LINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRADAT DAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 3 SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH YOGYAKARTA

Noor Alfi Fajriyani, NIM.: 21204082020 (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE FOLLOW THE LINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRADAT DAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 3 SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE FOLLOW THE LINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRADAT DAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 3 SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH YOGYAKARTA)
21204082020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE FOLLOW THE LINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRADAT DAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 3 SDIT UKHUWAH ISLAMIYAH YOGYAKARTA)
21204082020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang mayoritas penduduknya bergama Islam. Bahasa Arab di negara Indonesia dijadikan sebagai mata pelajaran dan masuk dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Namun, tidak sedikit dari siswa yang mengatakan mata pelajaran Bahasa Arab itu sulit. Salah satunya siswa di SDIT Ukhuwah Islamiyah yang menyatakan kesulitan dalam belajar Bahasa Arab terletak pada menghafal mufradat dan menulisnya. Sedangkan guru dalam pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran yang kurang tepat untuk kedua permasalahan yang dialami oleh siswa. Sehingga peneliti mencoba memberikan inovasi baru yaitu; metode follow the line yang diadopsi dari metode Baca Tulis Al-Qur’an. Penelitan ini bertujuan untuk: 1) Memaparkan proses penerapan metode follow the line dalam pembelajaran Bahasa Arab, 2) Mengetahui sejauh mana penerapan metode follow the line efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menghafal mufradat Bahasa Arab pada siswa, 3) Mengetahui sejauh mana penerapan metode follow the line efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Arab terhadap siswa kelas 3 SDIT Ukhuwah Islamiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis experiment research dengan desain quasi experiment. Sampel yang digunakan ialah seluruh siswa kelas 3 SDIT Ukhuwah Islamiyah yang berjumlah 53 siswa-siswi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen data menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data adalah analisis parametrik dengan melalui beberapa uji prasyarat normalitas dan homogenitas kemudian uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan uji N-Gain. Penelitian ini menghasilkan bahwa dalam peroses penerapan metode follow the line terbagi menjadi enam tahapan kegiatan pembelajaran dan berjalan dengan efektif. Variabel penerapan metode follow the line mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan untuk meningkatkan kemampuan menghafal mufradat dan keterampilan menulis pada siswa, dengan taraf efektivitas pada kategori sedang. Hanya terdapat 7 dari 26 siswa yang mengalami peningkatan penulisan dari sebelum pemberian perlakuan dan setelah pemberian perlakuan. Ini disebabkan, karena intensitas penerapan metode hanya terlaksana 5 kali tatap muka. Sedangkan untuk melatih keterampilan menulis sendiri butuh kontinuitas penerapan metode. Didapatkan juga perbandingan hasil signifikasi keterampilan menulis > kemampuan menghafal mufradat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis; mufaradat; metode Follow The Line
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:38
Last Modified: 29 Feb 2024 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64120

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum