PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOCARD BERBASIS METODE MNEMONIK AKROSTIK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI

Annida Safarulaili, NIM.: 18106080017 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOCARD BERBASIS METODE MNEMONIK AKROSTIK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOCARD BERBASIS METODE MNEMONIK AKROSTIK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI)
18106080017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOCARD BERBASIS METODE MNEMONIK AKROSTIK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI)
18106080017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran biocard berbasis metode mnemonik akrostik materi sistem gerak pada manusia, mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan, serta mengetahui respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Produk biocard yang telah disusun dinilai oleh ahli materi, ahli media, peer review, guru biologi, dan 20 siswa XI MIPA 2 MAN 3 Klaten. Hasil penelitian biocard oleh ahli materi mendapatkan persentase 89,75% dengan kriteria sangat layak, ahli media persentase 96% dengan kriteria sangat layak, peer review 92% dengan kriteria sangat layak, guru biologi 87% dengan kriteria sangat layak, dan siswa 90% dengan kriteria sangat layak. Respon terhadap produk yang dikembangkan, siswa menyatakan bahwa biocard berbasis mnemonik akrostik mudah dipahami, jelas, dan menyenangkan. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa biocard berbasis metode mnemonik akrostik yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas XI SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mike Dewi Kurniasih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; biocard; mnemonik akrostik.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:11
Last Modified: 29 Feb 2024 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64132

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum