IDENTIFIKASI GUGUS FUNGSI ALKOHOL PADA MINUMAN KOMBUCHA TEH HIJAU MENGGUNAKAN INSTRUMEN IR SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KIMIA

Gerda Pintoko Tunjungsari, NIM.: 20104060024 (2023) IDENTIFIKASI GUGUS FUNGSI ALKOHOL PADA MINUMAN KOMBUCHA TEH HIJAU MENGGUNAKAN INSTRUMEN IR SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI GUGUS FUNGSI ALKOHOL PADA MINUMAN KOMBUCHA TEH HIJAU MENGGUNAKAN INSTRUMEN IR SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KIMIA)
20104060024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI GUGUS FUNGSI ALKOHOL PADA MINUMAN KOMBUCHA TEH HIJAU MENGGUNAKAN INSTRUMEN IR SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR KIMIA)
20104060024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 saat ini masih tidak sepenuhnya berjalan baik, sehingga perlu penerapan yang lebih baik. Salah satunya dalam mata pelajaran kimia SMA/MA pada materi senyawa karbon masih belum sesuai dengan KD kurikulum 2013 nomor 4.9 . Terlihat dari KD tersebut sebaiknya tidak dilakukan secara teoritis saja, namun dilakukan juga praktikum agar dapat lebih memberi pemahaman pada siswa dan mencapai tujuan KD tersebut. Penelitian ini bertujuan membuat desain praktikum yang sesuai capaian KD 4.9 pada materi senyawa karbon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana dalam teknik pengambilan datanya diambil dari hasil percobaan laboratorium dan analisis capaian KI dan KD pada desain praktikum menggunakan metode studi literatur. Kajian analisis proses pembuatan minuman kombucha serta identifikasi gugus fungsi alkohol menggunakan instrumen IR sebagai bahan ajar desain praktikum alternatif siswa dilakukan dengan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil uji spektrofotometer IR bahwa pada minuman kombucha teh hijau terdapat ikatan gugus fungsi C-O, O-H (alkohol ikatan hidrogen), dan C-O (asam karboksilat), sehingga desain ini sudah sesuai dengan bahasan pokok yaitu materi senyawa karbon. KD 4.9 disebutkan menyajikan rancangan percobaan sintesis senyawa karbon, identifikasi gugus fungsi dan/atau penafsiran data spektrum inframerah (IR). Desain praktikum ini sudah disajikan percobaan sintesis senyawa karbon dengan membuat minuman kombucha teh hijau, sementara untuk penafsiran data spektrum IR juga dilakukan setelahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Senyawa Karbon; Kombucha Teh Hijau; Spektra IR; Desain Praktikum
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Feb 2024 13:30
Last Modified: 29 Feb 2024 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64183

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum